Thursday, 25 July 2024
HomeHotelAmaroossa Royal Bogor Ikut Serta  Ngumbah Kujang Kota Bogor

Amaroossa Royal Bogor Ikut Serta  Ngumbah Kujang Kota Bogor

Bogordaily.net – Tradisi ini merupakan tradisi yang dilakukan sejak tahun 1990 dan selalu dilakukan setiap tahunnya di Kota Bogor.

Tepat di Hari Jadi Kota Bogor ke 542, Tugu Kujang Kembali dimandikan dengan beberapa upacara adat, rangakaian  acara berlangsung sejak tanggal 11 Juni sampai dengan 16 Juni 2024.

Pada Selasa, 11 Juni 2024 Semua pihak yang terlibat dalam tradisi mengambil 3 mata air yang akan digunakan untuk memandikan Tugu Kujang, salah satunya mata air ini terletak di bawah Royal Bogor. 

Ketiga mata air ini akan digabungkan (dikawinkan) dimalam hari untuk kemudian digunakan ngumbah Tugu Kujang keesokan harinya yang merupakan salah satu symbol dari kejayaan Kota Bogor itu sendiri. Rangkaian acara berlangsung dengan lancar dan khidmat.

3 mata air yang digunakan untuk mencuci (Ngumbah) tuga kujang. Diantaranya yaitu Mata air Cidangiang, Mata Air yang terletak dibawah Royal Bogor dan Mata air di Kebon Raya Bogor. 

dimulai dari sambutan ketua panitia, sambutan PJ Wali Kota Bogor, sambutan perwakilan paguyuban daerah, hingga hiburan acara seperti menari tarian daerah.

Tradisi ini juga melibatkan berbagai personel dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Pemadam Kebakaran, Ambulance, TNI, POLRI, petugas keamanan setempat, serta para budayawan Kota Bogor.
Dijaman sekarang ini , kita sebagai penduduk Kota Bogor sudah seharusnya ikut turut serta untuk meneruskan dan melestarikan tradisi yang sudah berlangsung bertahun-tahun.*** 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here