Sunday, 14 July 2024
HomeHotelAmaroossa Royal Bogor Rayakan Hari Donor Darah Sedunia dengan PMI 

Amaroossa Royal Bogor Rayakan Hari Donor Darah Sedunia dengan PMI 

Bogordaily.net merayakan Hari Sedunia dengan mengadakan acara bersama para staf dan masyarakat sekitar, Jum'at, 14 Juni 2024. Acara yang berjalan dengan lancar ini diadakan bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bogor.

merupakan kegiatan pengambilan darah dari pendonor secara sukarela yang nantinya akan disalurkan kepada orang yang membutuhkan.

Kegiatan ini tidak hanya dinilai baik tetapi juga menyehatkan. Selain dapat membantu sesama dan menyelamatkan nyawa, juga membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Menurut Mental Health Foundation, dapat mengurangi stres, meningkatkan pemikiran positif, serta memberikan kepuasan dan kebahagiaan hidup (emotional well-being).

juga membantu menyingkirkan perasaan negatif, menciptakan rasa saling memiliki, dan mengurangi perasaan kesepian (isolation).

Penelitian pun membuktikan berbagai manfaat terhadap kesehatan, terutama jika dilakukan secara rutin dengan jarak minimal tiga bulan.

Selain manfaat kesehatan, sangat penting bagi mereka yang membutuhkan. Satu kantong darah yang didonorkan tidak hanya menyelamatkan satu nyawa, tetapi tiga nyawa karena darah tersebut mengandung tiga komponen: sel darah merah, trombosit, dan plasma darah.

Namun, tidak semua orang bisa mendonorkan darahnya. Ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh calon pendonor.

Pertama, calon pendonor harus mengisi kuesioner mengenai riwayat penyakit, riwayat konsumsi obat-obatan, dan kondisi kesehatan lainnya. Kejujuran dalam mengisi kuesioner ini sangat penting.

Selanjutnya, pendonor akan melewati pemeriksaan lanjutan yang meliputi pengecekan berat badan, tekanan darah, serta kadar hemoglobin dalam darah.

Pemeriksaan ini penting untuk memastikan standar minimal kesehatan terpenuhi. Jika calon pendonor telah melewati dua prosedur tersebut, akan dilaksanakan pemeriksaan terakhir untuk memeriksa apakah ada penyakit menular yang tidak diketahui. Setelah lolos semua pemeriksaan, darah pendonor akan diambil sebanyak 350-450cc.

Selain menyelamatkan nyawa orang lain, donor darah juga memiliki manfaat bagi pendonor itu sendiri. Bagi orang dengan obesitas, donor darah bisa membantu membakar kalori.

Bagi pendonor yang sehat, donor darah bisa menurunkan risiko terserang penyakit kardiovaskuler dan kanker. Yang paling penting, tidak ada efek samping yang berarti bagi pendonor kecuali rasa lemas wajar setelah proses pengambilan darah.

Jadi, tunggu apa lagi? Tidak perlu takut untuk mendonorkan darah. “Kita Sehat, Mereka Selamat.”

serta Palang Merah Indonesia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam kelancaran kegiatan donor darah ini.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here