Monday, 7 October 2024
HomeKota BogorBanyak Dikeluhkan Warga, Dishub Kota Bogor Usul Tambah Ribuan Lampu PJU Baru

Banyak Dikeluhkan Warga, Dishub Kota Bogor Usul Tambah Ribuan Lampu PJU Baru

Bogordaily.net– Banyaknya keluhan warga membuat Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor mengusulkan penambahan ribuan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) baru pada tahun anggaran 2025.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bogor, Marse Hendra Saputra menjelaskan bahwa aduan PJU bermasalah dari masyarakat banyak ke Call Center milik Dishub Kota Bogor setiap harinya.

“Penambahan sebanyak 2.000 lampu PJU,” kata Kadishub Kota Bogor, Marse Hendra Saputra.

Laporan dari masyarakat, kata Marse, setiap hari itu pasti ada soal PJU yang mengalami kerusakan.

Menurut dia, setelah mendapatkan laporan dari masyarakat, pihak Call Center nanti akan meneruskan aduan tersebut dan petugas lapangan akan turun mengecek ke lokasi PJU tersebut.

Namun, yang jadi persoalannya, tidak serta merta PJU yang mengalami kerusakan ini bisa langsung diperbaiki. Hal itu bergantung dengan tingkat kerusakan yang terjadi pada PJU tersebut.

“Kendala di lapangan itu ukuran waktunya (perbaikan PJU) bisa fleksibel, ada yang memang cukup mengganti kerusakan komponennya, itu bisa langsung diperbaiki selama stok komponennya ada,” kata Marse.

Belum lagi, lanjut Marse, di lapangan masyarakat belum cukup banyak yang mengetahui, bahwa PJU itu ada yang menjadi kewenangan pemerintah daerah, provinsi maupun nasional.

Dari sekitar 78 ribu PJU yang berdiri baik di jalan utama, pemukiman dan gang di Kota Bogor, hanya 56 ribu yang menjadi kewenangan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dishub.

Meski begitu, apabila ada masyarakat yang tetap melaporkan PJU yang berada di bawah kewenangan pemerintah provinsi atau nasional mengalami kerusakan, pihaknya tetap turun ke lapangan untuk mengecek kerusakan PJU tersebut. (Muhammad Irfan Ramadan) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here