Friday, 19 July 2024
HomeTravellingCukup Rp15 Ribu, Inilah 7 Tempat Wisata di Bogor yang Murah Dan...

Cukup Rp15 Ribu, Inilah 7 Tempat Wisata di Bogor yang Murah Dan Hits 

Bogordaily.net di Bogor yang murah dan hits ini cocok untuk berakhir pekan dan mengisi liburan panjang.

Bogor merupakan salah satu destinasi wisata keluarga yang menawarkan berbagai pilihan kegiatan seru dengan harga yang terjangkau. 

Bogor dikenal dengan udaranya yang sejuk dan pemandangan alam yang menakjubkan.

Lokasinya yang strategis juga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi keluarga yang ingin menghabiskan waktu berkualitas tanpa harus mengeluarkan bujet liburan yang besar. 

Tidak hanya menawarkan keindahan alam, Bogor juga memiliki berbagai wahana rekreasi dan edukasi yang cocok untuk dikunjungi oleh seluruh anggota keluarga. 

Dari taman bermain hingga kebun binatang, Bogor menyediakan berbagai atraksi menarik yang dapat dinikmati oleh anak-anak maupun orang dewasa.

di Bogor yang Murah dan Hits 

Berikut beberapa rekomendasi keluarga di Bogor yang sangat ramah di kantong. 

1. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor, yang terletak di tengah Kota Bogor, merupakan kebun raya terbesar dan tertua di Asia Tenggara. 

Kebun ini memiliki luas 87 hektar dan dikenal dengan berbagai julukan seperti Land's Plantentuin, Kebun Gede, Sykobutzer, dan Botanical Garden of Indonesia. 

Dalam kebun ini terdapat koleksi pohon dan tanaman langka, termasuk Bangkai (Amorphophallus Titanium), yang menjadi daya tarik utama.

Menurut informasi resmi dari situsnya, Kebun Raya Bogor buka setiap hari dengan jam operasional pukul 08.00 – 16.00 WIB pada hari Senin hingga Jumat, dan pukul 07.00 – 16.00 WIB pada akhir pekan dan hari libur nasional. 

Pengunjung dapat memasuki kebun melalui pintu 1 dan 3.

Harga tiket masuk Kebun Raya Bogor, pada hari Senin hingga Jumat, pengunjung lokal maupun asing dikenai tarif sebesar Rp 16.500, sedangkan untuk pengunjung yang membawa sepeda dikenai tarif Rp 15.000. 

Pada Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional, harga tiket masuknya adalah Rp 26.500 untuk pengunjung lokal maupun asing.

2. Taman Budaya Sentul City

Taman Budaya Sentul City, yang berlokasi di Jalan Siliwangi Nomor 1, Sumur Batu, Kecamatan Babakan Madang, , Jawa Barat, menawarkan beragam wahana dan aktivitas untuk pengunjungnya. 

ini menerapkan jam operasional yang bervariasi tergantung pada jenis wahana yang ingin dikunjungi. 

Wahana adventure dapat dinikmati setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WIB, sedangkan wahana lainnya hanya buka pada hari Jumat hingga Minggu pada jam yang sama. Selain itu, terdapat juga Food Street yang buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 21.00 WIB.

Pengunjung dapat memasuki Taman Budaya Sentul City secara gratis, namun setiap wahana memiliki tiket masuk tersendiri dengan harga mulai dari Rp 15.000. Terdapat lebih dari 21 wahana yang dapat dinikmati di ini.

Selain wahana, pengunjung juga dapat menikmati berbagai aktivitas outbound seperti flying fox, forest hiking, rafting, panahan, ATV, dan becak mini. 

3. The Farm Pancawati Bogor

The Farm Pancawati merupakan destinasi wisata yang menawarkan fasilitas lengkap untuk pengunjung. 

Mulai dari kolam renang, spot foto Instagramable, area piknik dan camping, mini zoo, kebun jati, restoran, dan vila. Lokasinya berada di Jalan Tapos, Pancawati, Kecamatan Caringin, , Jawa Barat.

Destinasi ini buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 sampai dengan 17.00 WIB. Harga tiket masuk The Farm Pancawati cukup terjangkau, yaitu Rp 15.000 untuk area The Farm. 

Pengunjung juga dapat menjelajahi kebun jati dengan membeli tiket terpisah seharga Rp 10.000. Tiket tersebut sudah termasuk akses gratis ke kolam renang, mini zoo, dan semua spot foto Instagramable. 

Untuk memberi makan hewan di mini zoo, pengunjung dapat membeli pakan terpisah seharga Rp 10.000 per kantong.

4. Wana Wisata Rusa Bogor

Penangkaran Rusa Wana Wisata telah berdiri sejak tahun 1993 dan dikelola oleh Perhutani. Penangkaran ini bertujuan untuk melestarikan populasi rusa di Indonesia, terutama di Jawa Barat. Lokasinya terletak di Jalan Transyogi, Sirnarasa, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Pihak pengelola selalu menyediakan makanan untuk para pengunjung yang ingin berinteraksi dengan rusa. Mereka menawarkan paket wortel seharga Rp 10.000 per bungkus.

Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat menikmati area bermain anak outdoor seperti panahan dan japaring. Bagi pecinta foto, tersedia spot foto payung yang akan membuat liburan semakin berkesan.

Untuk menikmati pengalaman bermain dengan rusa, pengunjung perlu merogoh kocek sekitar Rp 20.000. Biaya parkir juga dikenakan untuk sepeda motor sebesar Rp 5.000 dan mobil sebesar Rp 10.000. 

Pengunjung akan diarahkan masuk melalui jembatan yang hanya dapat menampung 10 orang dalam satu waktu dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Setibanya di pintu masuk Penangkaran Rusa, pengunjung juga diwajibkan untuk membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang.

5. Museum Zoologi

Museum Zoologi di Kota Bogor, Jawa Barat, memiliki koleksi yang berkaitan dengan fauna, termasuk spesimen yang diawetkan dan fosil hewan. 

edukatif ini buka setiap hari. Pada Senin-Jumat, jam buka dari 08.00-16.00 WIB dengan harga tiket masuk mulai Rp 15.000 per orang. 

Sedangkan pada Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional, museum buka dari 08.00-17.00 WIB dengan harga tiket masuk mulai Rp 25.000 per orang. Anak-anak dengan tinggi di bawah 90 cm tidak dikenakan biaya tiket masuk. 

Tidak semua koleksi ilmiah spesimen fauna dipamerkan untuk umum karena museum ini terbagi menjadi dua bagian. Salah satunya berisi ruang pameran yang populer dan terletak di area Kebun Raya Bogor, Jalan Ir. H. Juanda Nomor 9, Bogor.

6. Devoyage Bogor

Devoyage Bogor adalah taman yang menampilkan bangunan dan landmark terkenal dari negara-negara Eropa. 

Terletak di Nirwana Residence, Jalan Indigo Raya, Mulyaharja, Bogor Selatan, Jawa Barat, tempat ini menjadi daya tarik para pemburu spot Instagramable. 

Devoyage Bogor buka setiap hari tanpa libur, dari pukul 09.00 hingga 18.00 WIB. Untuk harga tiket masuk, pada hari biasa Rp 30.000 dan pada akhir pekan Rp 40.000. 

Terdapat juga paket terusan untuk dua orang dengan harga mulai dari Rp 100.000 pada hari biasa dan Rp 150.000 pada akhir pekan. Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung, mereka dapat datang kapan saja sesuai jadwal buka dan menikmati keindahan taman ini.

7. Kampoeng Wisata Cinangneng

Kampoeng Wisata Cinangneng, yang terletak di Jalan Babakan Kemang, RT.1/RW.2, Cihideung Udik, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menawarkan pengalaman wisata yang menarik dengan harga tiket masuk yang terjangkau. 

Pengunjung dapat memilih berbagai paket wisata sesuai dengan kebutuhan, baik untuk rombongan maupun perorangan. 

Setiap paket menawarkan harga yang berbeda tergantung pada jenis dan banyaknya aktivitas wisata yang diambil, mulai dari bermain alat musik tradisional, membuat jamu dan kue, menanam padi, menari tradisional, hingga memandikan kerbau. 

Harga tiket masuk untuk menikmati Kampoeng Wisata Cinangneng dimulai dari Rp 20.000. Selain itu, tersedia juga paket-paket seperti Paket A (Poelang Kampoeng) seharga Rp 145.000 untuk 20 orang.

Paket B (I Am Also From The Kampoeng) seharga Rp 125.000 untuk minimal 10 orang, paket ronda seharga Rp 100.000 per orang, dan paket over night seharga Rp 525.000. Orang tua pendamping juga dikenakan biaya sebesar Rp 75.000.

Itulah informasi dan ulasan mengenai 7 di Bogor yang murah dan hits.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here