Saturday, 13 July 2024
HomeKabupaten BogorDLH Kabupaten Bogor Gelar Uji Emisi Kendaraan

DLH Kabupaten Bogor Gelar Uji Emisi Kendaraan

Bogordaily.net – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor lakukan kegiatan kendaraan  yang akan dilaksanakan dari tanggal 10-30 Juni 2024 yang berlangsung di Graha Widya Wisuda (GWW) IPB University, Dramaga.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi karbon dari kendaraan bermotor di wilayah Kabupaten Bogor.

Wakil Rektor Bidang Resiliensi Sumber Daya dan Infrastruktur IPB, Alim Setiawan mengatakan, kegiatan kendaraan bermotor ini diinisiasi sejak tahun 2023 lalu, yang terus dilakukan secara berlanjut hingga hari ini.

“Kami harap dengan kegiatan ini, kita bisa menciptakan lingkungan yang semakin nyaman dengan udara yang lebih segar terutama di lingkungan kampus umumnya Kabupaten Bogor,” kata Alim, Kamis 13 Juni 2024.

“Mudah-mudahan juga kita bisa terus memperkuat kolaborasi dan sinergi untuk dalam menjaga dan menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman,” tambahnya.

Selanjutnya, Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kemitraan  Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, Cholid Mawardi menjelaskan, saat ini terdapat 1,6 juta kendaraan bermotor yang terdiri dari 1,4 juta kendaraan roda 2 dan 214 ribu kendaraan roda empat.

Menurutnya, penting untuk dilakukan guna mengetahui kondisi kendaraan apakah dalam kondisi sehat bebas atau justru sebaliknya sehingga bisa mendorong dalam mengurangi karbon yang lepas ke udara yang dapat mencemari lingkungan.

“Upaya pengurangan karbon ini tidak hanya jadi konsentrasi kita di daerah dan nasional juga jadi konsentrasi dunia. Melalui ini kita berupaya menjaga lingkungan demi masa depan generasi kita mendatang,” jelas Cholid.

Sementara itu, Branch Manager Auto 2000 Dramaga, Aloysius Sokrates menuturkan, adalah salah satu warning bagi seluruh pemilik kendaraan bermotor sebab jika kendaraan tidak lolos berarti kendaraan tersebut tidak sehat dan tidak terawat. Karena banyak dampak buruk dari emisi tersebut.

“Terima Kasih kepada jajaran IPB University dan Pemkab Bogor atas terselenggaranya kegiatan yang sangat positif. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa terus berlanjut dilaksanakan,” ungkap Aloysius.***

(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here