Saturday, 22 June 2024
HomePolitikFantastis! Biaya Pilkada 2024 di Kabupaten Bogor Tembus Rp105 Miliar 

Fantastis! Biaya Pilkada 2024 di Kabupaten Bogor Tembus Rp105 Miliar 

Bogordaily.net  – Biaya pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024  di Kabupaten Bogor cukup fantastis.

Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bogor 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor terus melakukan persiapan intensif. 

Muhammad Adi Kurniawan, Ketua KPU Kabupaten Bogor, mengungkapkan berbagai rincian terkait anggaran dan logistik yang diperlukan dalam penyelenggaraan Pilkada tersebut.

Rincian 2024 di Kabupaten Bogor 

Saat di hubungi, Rabu (5/6/24), Muhammad Adi Kurniawan menyatakan bahwa anggaran yang dialokasikan untuk 2024 mencapai sekitar 105 miliar rupiah.

 “Untuk anggaran dalam Pilkada sekitar 105 miliar,” ucapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa sebagian besar anggaran tersebut akan digunakan untuk honorarium.

“Paling kita paling banyak di honorarium, honorarium sekitar dari PPK sampai KPPS sekitar 60% dari perencanaan untuk honorarium,” tambahnya.

Selain itu, KPU Kabupaten Bogor telah merencanakan pembangunan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh wilayah kabupaten. 

“Kalau kemarin dari divisi ada 686 TPS yang akan dibangun di Kabupaten Bogor selama Pilkada,” jelasnya.

Terkait politik uang, Muhammad Adi menegaskan bahwa KPU berkomitmen untuk mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat tentang larangan praktik tersebut. 

“Kalau masalah politik uang itu semua ada di ranahnya BAWASLU. Kita KPU hanya mensosialisasikan dan mengedukasi dari politik uang kepada masyarakat bahwa politik uang tersebut adalah hal yang tidak dibenarkan dan sudah ada di undang-undang,” lanjutnya.

Dengan berbagai persiapan ini, KPU Kabupaten Bogor berharap Pilkada 2024 dapat berjalan dengan lancar, aman, dan sesuai dengan peraturan yang berlaku, sehingga tercipta proses pemilihan yang demokratis dan bebas dari praktik-praktik yang merugikan.***

(Ade Nur Khoirudin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here