Monday, 7 October 2024
HomeKabupaten BogorFEBI IUQI Bogor Gelar International Conference

FEBI IUQI Bogor Gelar International Conference

Bogordaily.net – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Ummul Quro Al-Islami (IUQI) Bogor menggelar International Conference pada 5 Juni 2024.

Kegiatan berlangsung pukul 08.00 sampai 15.00 dan bertema “Fintech as a Catalyst for Financial Inclusion in Indonesia and Global” diselenggarakan di Auditorium Gedung C IUQI Bogor.

Acara dihadiri oleh Rektor IUQI Bogor Assoc. Prof. Dr. H. Saiful Falah, M.Pd.I, Wakil Rektor I H. Agus Tamami, M.Pd.I., Wakil Rektor III Azwar Anas, M.Pd.I., serta pejabat struktural civitas akademika IUQI Bogor.

Turut hadir pula peserta dari beberapa Perguruan Tinggi di Jawa sejumlah 370 orang, yang mengikuti kegiatan secara offline dan online melalui zoom meeting.

Pada acara tersebut menghadirkan pembicara dari dalam dan luar negeri, di antaranya: Pro Dr. Ashraf Muhammad Dawaba. (President of the European Academy for Islamic Finance and Economics) serta Pro Irwandi Jaswir M.Sc., Ph.D. (Professor, International Institute for Halal Research and Training, International Islamic University Malaysia).

Hadir pula Assoc. Pro Dr. Akhmad Affandi Mahfudz, B.Ec., M.Ec. (Dewan Syariah Nasional, Majelis Ulama Indonesia) dan Mhd  Handika  Surbakti,  M.Si selaku Direktur  Program Kemitraan, Asosiasi Fintech Syariah Indonesia.

Pada sesi pemateri, acara dibagi ke dalam 4 sesi. Pertama, Prof. Irwandi Jaswir, M.Sc., PhD memaparkan topik “Fenomena dan Upaya Dalam Peningkatan Inklusi Keuangan melalui Fintech di ASEAN” yang dimoderatori oleh M. Alfi Alhubbufillah, S.E.Sy. M.M selaku Kaprodi Manajemen Bisnis Syariah.

Kedua, Dr. Affandi Akhmad dengan topik “Intervensi Pemangku Kebijakan Dalam Perkembangan Fintech di Indonesia Sebagai Upaya Mendorong Inklusi Keuangan dan Tinjuannya Dalam Ekonomi Islam” yang dimoderatori oleh Egi Agustian Rahmat Sukendar,  S.E.,  M.E  selaku  Sekretaris  Prodi  Perbankan Syariah  sekaligus  ketua  pelaksana.

Kemudian ketiga, Mhd Handika Surbakti, M.Si. dengan topik “Strategi Peningkatan Literasi Dan Kemitraan Fintech Di Indonesia Sebagai Upaya Mendorong Inklusi Keuangan Di Indonesia” yang dimoderatori oleh Abdul Aziz, S.E., M.H selaku Kaprodi Perbankan Syariah.

Selanjutnya Prof. Dr. Ashraf Muhammad Dawaba memaparkan “Perkembangan Fintech Syariah dan Intervensi Pemangku Kebijakan di Negara-Negara Timur Tengah” dengan moderator Moh. Asep Zakariya Ansori, Lc., M.H selaku Kaprodi Ekonomi Syariah.

Dalam acara ini juga dilakukan penandatanganan kerjasama program AFSI Academic Partner antara AFSI yang diwakili oleh Bapak Mhd Handika Surbakti, M.Si. selaku Direktur Program Kemitraan dan FEBI IUQI Bogor yang diwakili oleh Bapak Jamaludin, S.Pd., M.E.I. selaku Dekan Fakultas.

Kerja sama ini merupakan bentuk dukungan terhadap pertumbuhan financial technology di lingkungan pendidikan tinggi, khususnya IUQI Bogor.

Sementara itu Diskursus Fintech pada acara ICON FEBI 2024 ini dalam rangka mendorong inklusi keuangan di kalangan akademisi dan membangun ekosistem keuangan digital yang lebih komprehensif.

Dalam pelaksanaannya acara ini didukung oleh berbagai sponsor di antaranya ada Bank Jawa Barat (BJB) Syariah KCP Jembatan Merah Bogor, Bank Rakyat Indonesia (BRI) KCP IPB Dramaga, AFSI Academic Partner, dan Koperasi Pondok Pesantren (KOPPONTREN) Ummul Quro Al- Islami Bogor.

“Acara ini diharapkan dapat mendukung pertumbuhan Inklusi keuangan di perguruan tinggi di Indonesia, khususnya di Bogor, Jawa Barat,” demikian siaran pers yang diterima Bogordaily.net.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here