Saturday, 22 June 2024
HomePolitikJenal Mutaqin Janjikan Pendidikan Merata dan Berkualitas di Kota Bogor

Jenal Mutaqin Janjikan Pendidikan Merata dan Berkualitas di Kota Bogor

Bogordaily.net – Bakal yang juga kader internal partai Gerindra, memastikan akses pendidikan merata dan meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Bogor.

Hal tersebut diungkapkan saat mobile podcast di Saung Sadulur di Kelurahan Sindangrasa, Bogor Timur, Kota Bogor, Minggu 9 Juni 2024.

Jenal mengungkapkan bahwa Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 1 Tahun 2022 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) telah menimbulkan tantangan bagi warga dan pemerintah daerah

“Permendikbud ini mengatur sistem zonasi, namun faktanya di lapangan banyak warga yang kesulitan karena sekolah negeri tidak tersedia di dekat tempat tinggal mereka, sementara mereka tidak mampu membayar biaya sekolah swasta,” ujar .

atau yang akrab disapa Kang Jenal, menekankan pentingnya peran pemerintah dalam memastikan setiap anak di Kota Bogor mendapatkan akses pendidikan yang layak tanpa terkendala biaya.

“Kita harus berani menyampaikan dan menjamin bahwa di manapun sekolah warga Kota Bogor, biaya pendidikan harus murah dan bahkan gratis. Jika diberikan mandat oleh warga Bogor, insya Allah saya akan memastikan pemerataan pendidikan di sekolah negeri dan swasta,” jelas Kang Jenal yang juga menjabat Wakil Ketua DPRD Kota Bogor.

Untuk mewujudkan hal ini, Kang Jenal berencana mensubsidi sekolah swasta melalui dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Bogor dan Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan-perusahaan di sekitar Kota Bogor.

“Kami juga akan memastikan kualitas guru dengan memberikan honor dan gaji yang layak. Bayangkan dua tahun lalu, gaji guru hanya Rp600.000, pendidikan seperti apa yang akan didapat anak-anak kita dengan kondisi seperti itu,” tambahnya.

Menurut Kang Jenal, solusi yang paling penting adalah memastikan biaya pendidikan di sekolah swasta maupun negeri sama-sama murah, bahkan gratis.

“Kita bisa mensubsidi atau mengakuisisi sekolah swasta agar biaya pendidikan bisa gratis bagi masyarakat,” tutupnya.

(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here