Saturday, 13 July 2024
HomeKabupaten BogorKetua DPRD Kabupaten Bogor: PPDB 2024 Harus Tertib dan Mudah Dipantau

Ketua DPRD Kabupaten Bogor: PPDB 2024 Harus Tertib dan Mudah Dipantau

Bogordaily.net Rudy Susmanto meminta Penerimaan Peserta Didik Baru () 2024 berjalan tertib dan mudah dipantau.

Hal itu tentunya harus dijadikan sebagai wadah untuk memberikan kemudahan akses informasi kepada para siswa. Sehingga, proses pendaftaran bisa lebih tertib dan mudah untuk dipantau.

“Pendaftaran harus menjadi lebih tertib dan mudah dipantau. Fasilitas dan pelayanan memuaskan dari pihak Sekolah dan Dinas Pendidikan harus diberikan,” kata Rudy Susmanto, Kamis 13 Juni 2024.

Menurutnya, juga harus dijadikan sebagai wadah untuk melakukan pemetaan sekolah. Di mana dari situ, akan terlihat sekolah yang diminati dan sekolah yang tidak diminati.

Ia mengatakan, berdasarkan aturan yang ada, jalur zonasi SD paling sedikit 70 persen dari daya tampung sekolah, jalur zonasi SMP paling sedikit 50 persen dari daya tampung sekolah, dan jalur zonasi SMA paling sedikit 50 persen dari daya tampung sekolah.

“Meningkatkan kualitas sekolah ini menjadi tanggungjawab pemerintah. Pemkab Bogor harus mewujudkan itu,” jelasnya.

Ia menambahlan, dalam aturan jalur zonasi ini, besaran daya tampung akan diatur oleh Pemda setempat.

Bahkan, kata Rudy, Pemerintah Daerah boleh memberikan lebih besar kuota daya tampung setelah melakukan penghitungan jumlah daya tampung dan proyeksi calon peserta didik.

“Selain jalur zonasi juga mengakomodir Jalur afirmasi 20 persen, Jalur perpindahan orangtua/wali 5 persen, dan Jalur Prestasi 10 persen,” ujar Rudy Susmanto.(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here