Tuesday, 18 June 2024
HomeNasionalKetua Pemulung: Galon Bekas Pakai Berarti bagi Pemulung

Ketua Pemulung: Galon Bekas Pakai Berarti bagi Pemulung

Bogordaily.net Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Ikatan Indonesia (IPI), Pris Polly Lengkong mengungkapkan bahwa galon sekali pakai ramah daur ulang dan memiliki nilai ekonomi yang baik untuk .

“Sederhananya begini, untuk satu kilogram, dimudahkan, cukup mengumpulkan galon sekali pakai empat sampai lima galon saja,” ujar Pris Polly Lengkong.

Karena ukurannya besar kata Pris Polly maka mudah dilihat. Sedangkan botol PET (Polyethylene Terephthalate) harus mengumpulkan puluhan atau ratusan botol baru mencapai 1 kilogram.

“Galon sekali pakai merupakan inovasi terbaik dan memiliki nilai tinggi,” jelasnya.

Ia mengklarifikasi keterangan sebelumnya yang sebagian dikutip media.

“() Bukan tidak tertarik mengumpulkan, tetapi memang harga plastik daur ulang secara keseluruhan sedang mengalami penurunan,” jelasnya.

Pris Polly memperkirakan, harga plastik PET daur ulang yang semula Rp7.200 sekarang turun di angka Rp6.100 per kilogram, lantaran banjirnya limbah plastik import sebagai penyebabnya.

Hal lain menurutnya banjir produk plastik kemasan jadi dari Cina masuk ke Indonesia 2 ton.

Polly berharap, harga semua jenis plastik kembali normal agar IPI dapat meningkatkan pengurangan sampah, dengan aktivitas pengumpulan sampah yang maksimal.

“Kalau seadainya plastik makin turun makin tidak jelas bagaimana kita hidup, bagaimana teman-teman pengumpulan sampah itu bisa maksimal,” jelasnya.

Saat ditanya soal apakah ada dukungan atau pendampingan dari produsen AMKD, misalnya Danone atau Le Minerale, ia membeberkan bahwa sebelumnya di tahun 2020 sampai 2022 organisasinya bekerja sama dengan Le Minerale di Jawa Tengah.

Progresnya saat itu sangat bagus dan bisa berkembang. Buktinya, yang tadinya dari wilayah Sukoharjo berkembang ke wilayah Klaten dan terus ke Karang Ayar dan daerah lain.

Selanjutnya, IPI berusaha mendekatkan diri ke Danone Aqua. Hal itu dilakukan IPI memiliki gerbong anggota di 27 Provinsi yang harus diperhatikan.

IPI berusaha mendekatkan diri kepada produsen, dan terjalin kerja sama dengan Danone Aqua.

“Sekarang ini, kemarin sudah melakukan tanda tangan kerjasama dengan Danone dalam meningkatkan pengumpulan sampah plastik di Bangka belitung. Teman teman di Bangka belitung sedang menjalankan kerjasama IPI ini.semoga berjalan dengan baik,” jelasnya. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here