Saturday, 20 July 2024
HomeKabupaten BogorLuncurkan UHC, Pemkab Bogor Jamin Kesehatan Bagi Masyarakat Kurang Mampu  

Luncurkan UHC, Pemkab Bogor Jamin Kesehatan Bagi Masyarakat Kurang Mampu  

Bogordaily.net – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor bersama BPJS Cabang Cibinong Kabupaten Bogor Luncurkan (UHC) Program Jaminan Nasional bagi masyarakat Kabupaten Bogor, pada Rabu 26 Juni 2024.

Pj. Bupati Bogor, Asmawa Tosepu mengungkapkan, diluncurkannya Universal Health Coverag (UHC) di Kabupaten Bogor tentunya dapat memberikan jaminan layanan gratis kepada masyarakat kurang mampu yang sudah dibiayai dari APBD Kabupaten Bogor.

“Mudah-mudahan diluncurkannya UHC masyarakat bisa menerima manfaat lebih besar lagi, pelayanan lebih murah, lebih cepat dan mudah. Kami juga sampaikan agar masyarakat untuk tidak menggunakan pihak ketiga atau calo untuk mendaftarkan kepesertaan,” kata Asmawa Tosepu.

“Karena sesungguhnya bisa dilakukan sendiri secara mandiri atau dengan meminta fasilitasi atau asistensi dari para petugas kita yang ada di lapangan,” tambahnya.

Ia juga berharap seiring diluncurkannya UHC maka harapannya pertama layanan masyarakat semakin bagus, fasilitas yang ada baik di rumah sakit,  puskesmas, klinik dan lainnya semakin baik.

Ia menambahkan, melalui UHC ini memang pemerintah sudah mengcover untuk pembiayaan khususnya kepada masyarakat yang tidak mampu. Kemudian kedua, tentu menjadi kewajiban pemerintah termasuk BPJS untuk memperbaiki, meningkatkan layanan.

Untuk optimalisasi pemanfaatan UHC ini, ia meminta kepada para camat untuk melakukan sosialisasi secara masif kepada warga masyarakat, terutama terkait tata cara pendaftaran untuk masuk ke dalam sistem jaringan nasional ini.

“Silakan daftar secara online atau pendaftaran langsung melalui RT/RW, Kemudian Kepala Desa, bahkan fasilitas seperti Puskesmas di wilayah masing-masing,” jelasnya.

Selanjutnya, Direktur Kepesertaan BPJS , Ir. David Bangun, menyampaikan, terima kasih sebesar-besarnya atas komitmen Pj. Bupati serta seluruh jajaran sehingga UHC bisa hadir di Kabupaten Bogor.

Menurutnya dengan diluncurkan dan diimplementasikan di Kabupaten Bogor, bahkan UHC sudah mencapai angka 97,48 persen yang merupakan capaian tertinggi.

“UHC ini jadi satu keharusan demi masyarakat kita yang khususnya warga miskin dan tidak mampu. Peluncuran UHC ini membuktikan bahwa BPJS tidak bisa bekerja sendiri, tanpa dukungan dan komitmen dari pemerintah daerah, pemerintah pusat juga masyarakat,” ungkap David.(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here