Friday, 12 July 2024
HomeKabupaten BogorPemkab Beri Pelatihan Vokasi Bagi Tenaga Kerja Kabupaten Bogor

Pemkab Beri Pelatihan Vokasi Bagi Tenaga Kerja Kabupaten Bogor

Bogordaily.net – Pj. Bupati Bogor Asmawa Tosepu lakukan audiensi dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Bogor dalam rangka revitalisasi pendidikan dan pelatihan bagi tenaga kerja, yang berlangsung di Ruang Rapat Bupati Bogor, pada Kamis 13 Juni 2024.

Diketahui, Revitalisasi pendidikan dan pelatihan bagi tenaga kerja, merupakan amanat dari Peraturan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan No. 5 Tahun 2023, yang mengamanatkan paling lambat 6 bulan setelah terbitnya PMK tersebut sudah ditinggalkan di daerah dalam bentuk revitalisasi daerah.

Pj. Bupati Bogor, Asmawa Tosepu mengatakan, melalui revitalisasi pendidikan dan pelatihan akan mendorong lahirnya Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya di sektor industri atau pekerja non formal, termasuk pekerja formal agar memiliki kualitas kompetensi dan kemampuan secara individu.

“Hari ini saya bersama Pj. Sekda dan jajaran melakukan diskusi dengan pengurus KADIN Kabupaten Bogor terkait dengan terkait dengan revitalisasi pendidikan dan pelatihan bagi tenaga kerja,” kata Asmawa Tosepu, Kamis 13 Juni 2024.

Menurutnya, sinergi dan kolaborasi dengan asosiasi, KADIN, Apindo penting dilakukan karena bisa memberikan perlindungan kepada warga masyarakat  yang ada di Kabupaten Bogor.

Sehingga warga Kabupaten Bogor bisa bekerja di wilayahnya sendiri. Ini sangat penting, dalam rangka memastikan kualitas SDM lebih baik, dan mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bogor.

“Pendidikan ini tidak hanya yang sifatnya formal, tetapi juga bisa non formal seperti kegiatan belajar paket C yang bisa diintegrasikan dengan program Dinas Pendidikan. Dengan upgrade diri melalui pendidikan maka masyarakat bisa mendapatkan pekerjaan yang maksimal, tentunya melibatkan perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Bogor,” jelasnya.

Ia menambahkan, tim revitalisasi pendidikan dan pelatihan bagi tenaga kerja ini bisa terbentuk yang terdiri dari empat Pokja, yakni pokja pendidikan , pokja pelatihan vokasi, pokja kerjasama, dan Pokja sertifikasi.

“Mudah-mudahan di bulan ini tim revitalisasi sudah terbentuk dan segera bekerja karena memang ini sangat kita butuhkan,” ujar Asmawa Tosepu.(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here