Saturday, 13 July 2024
HomeKabupaten BogorPemkab Bogor-JFI Aksi Bareng, Lepas Liarkan Ribuan Ekor Benih Ikan di Sungai...

Pemkab Bogor-JFI Aksi Bareng, Lepas Liarkan Ribuan Ekor Benih Ikan di Sungai Pamijahan

Bogordaily.net – Ribuan ekor benih berbagai ikan biota sungai, dilepas liarkan di aliran , Minggu 16 Juni 2024.

Aksi kepedulian lingkungan itu digelar (JFI) berkolaborasi dengan Pemerintah sekaligus rangkaian Hari Jadi Bogor ke 542.

Kegiatan yang dipusatkan di RT 03/RW 05, Kampung Babakan Pasar Jum'at, Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan juga digelar berkat kolaborasi sejumlah instansi terkait, juga Jurnalis Indonesia Peduli (JIP).

Aksi nyata sebagai upaya menjaga ekosistem sungai dan mendukung kesejahteraan masyarakat setempat itu mendapat sambutan hangat dari warga Desa Gunung Sari.

Dengan antusias, mereka ikut serta dalam proses penebaran benih ikan yang terdiri dari berbagai jenis, seperti ikan Tawes, Nilem dan Nila.

Camat Pamijahan, Wawan Suryana mengungkapkan, kegiatan tersebut ditujukan untuk menjaga kelestarian lingkungan.

“Kami berharap dengan adanya aksi tebar benih ikan ini, masyarakat semakin peduli terhadap lingkungan sungai dan menjaga keberlangsungan ekosistemnya,” ujar Wawan.

Sementara menurut Ketua JFI, Billy Adhiyaksa, kolaborasi dengan pemerintah dan komunitas apapun, sangat penting untuk menciptakan perubahan yang positif.

“JFI berkomitmen untuk terus mendukung kegiatan-kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat. Aksi tebar benih ikan ini contohnya merupakan salah satu wujud nyata kontribusi kami dalam pelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat,” ungkap Billy.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat menginspirasi komunitas lain untuk melakukan aksi serupa di daerah masing-masing.

“Melalui Kegiatan Ini, kami ingin menyampaikan pesan pentingnya menjaga lingkungan kepada publik. Kami berharap Kegiatan Seperti ini dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menjaga ekosistem sungai,” kata Billy.

Selain penebaran benih ikan, acara ini juga diisi dengan kegiatan edukasi mengenai pentingnya menjaga kebersihan sungai, khususnya di , cara-cara beternak ikan yang baik dan benar.

Edukasi ini diberikan oleh para ahli dari Dinas Perikanan yang juga turut mendukung kegiatan ini.

Dengan terselenggaranya aksi tebar benih ikan ini, diharapkan ekosistem sungai di Desa Gunung Sari dapat semakin terjaga dan memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat.

Kegiatan ini menjadi salah satu dari serangkaian acara dalam perayaan HJB ke-542 yang berfokus pada pelestarian lingkungan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Semoga aksi positif seperti ini terus berlanjut dan menjadi inspirasi bagi daerah lain untuk melakukan hal serupa, demi lingkungan yang lebih baik dan masyarakat yang sejahtera,” pungkasnya.

Usai melaksanakan pelepasan ikan dan edukasi pentingnya menjaga ekosistem biota sungai, JFI lalu mengajak jajaran Muspika setempat untuk mengikuti lomba mancing.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here