Saturday, 22 June 2024
HomeKabupaten BogorPenjualan Hewan Qurban di Kabupaten Bogor Menurun Jelang Idul Adha 1445 H

Penjualan Hewan Qurban di Kabupaten Bogor Menurun Jelang Idul Adha 1445 H

Bogordaily.net – Jelang hari raya Idul Adha ke-1445 Hijriah, penjualan hewan di Kabupaten Bogor mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya. Beberapa pemilik lapak hewan mengeluhkan penurunan penjualan ini meskipun telah melakukan pengecekan kesehatan hewan secara rutin.

Pemilik lapak hewan Abdi Jaya Farm, Siti Umira mengatakan, untuk pengecekan kesehatan hewan sudah dilakukan kemarin oleh empat petugas kesehatan hewan dari Pemkab Bogor.

“Kemarin sudah ada beberapa orang, ada 4 orang petugas kesehatan ke sini, alhamdulillah sehat semuanya,” kata Siti Umira, Selasa 11 Juni 2024.

Menurutnya, ada penurunan penjualan hewan tahun ini dibanding tahun 2023 lalu. Hal itu dikarenakan momentum hari raya Idul Adha tahun 2024 berbarengan dengan pelaksaanan pendaftaran dan kelulusan sekolah.

“Agak menurun, biasanya H-6 hewan sudah habis tapi tahun ini baru 15 ekor yang terjual. Tahun lalu bisa terjual 60-100 ekor, masih ada enam hari lagi semoga bisa laku semuanya,” jelasnya.

Selanjutnya, pemilik lapak hewan Mitra Kado Farm wilayah Kecamatan Babakan Madang, Andy menyampaikan, ada 165 kambing domba dan 19 sapi Bali yang sudah diperiksa kesehatannya oleh tim petugas pemeriksa kesehatan hewan dari Pemkab Bogor.

“Alhamdulillah domba dan sapi di lapak kami sehat-sehat. Karena memang kalau datang kita langsung infokan ke Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor buat cek, terus vaksin sama vitamin. Pelayanan yang diberikan sangat baik sehingga kami lebih tenang menjual hewan dan kesehatannya sudah terjamin dengan baik,” ujar Andy.

Ia mengaku bahwa, penjualan hewan tahun 2024 ini mengalami penuruan 10 sampai 15 persen. Biasanya H-7 sudah terjual habis sekarang masih ada sisa 25 ekor lagi.

“Beberapa alasan tidak berqurban tahun ini karena factor berbarengan bayar anak sekolah juga ada beberapa keperluan lainnya,” ungkap Andy.(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here