Tuesday, 18 June 2024
HomeNasionalProsedur Pelayanan IGD di RS Murni Teguh Ciledug Menurut dr Gisela Winata

Prosedur Pelayanan IGD di RS Murni Teguh Ciledug Menurut dr Gisela Winata

Bogordaily.net – Dokter umum Rumah Sakit (RS) Murni Teguh Ciledug, dr. Gisela Winata memberikan penjelasan mengenai prosedur pelayanan di Instalasi Gawat Darurat (IGD).

dr. Gisela menekankan pentingnya penanganan cepat dan tepat untuk memastikan keselamatan serta kesehatan pasien yang datang ke IGD.

Proses Pelayanan dan Pemeriksaan di IGD  

Menurut dr. Gisela, setiap pasien yang datang ke IGD akan melalui serangkaian pemeriksaan fisik yang komprehensif.

“Pasien akan diperiksa oleh dokter yang bertanggung jawab di unit Medical Check-Up (MCU). Proses ini meliputi pengukuran tekanan darah, denyut nadi, suhu tubuh, serta pemeriksaan menyeluruh dari ujung kepala hingga kaki untuk mendeteksi tanda-tanda kelainan,” jelasnya, Jum'at 7 Juni 2024.

Selain pemeriksaan fisik, pasien juga akan menjalani berbagai pemeriksaan laboratorium. Pemeriksaan ini mencakup tes darah, kolesterol, gula darah, asam urat, fungsi hati, fungsi ginjal, dan lainnya.

“Untuk pasien laki-laki berusia lebih dari 45 tahun, biasanya akan dilakukan pemeriksaan rekam jantung,” tambah dr. Gisela.

*Langkah Maksimalisasi Pelayanan di IGD*

Untuk memastikan masyarakat mendapatkan layanan yang maksimal di IGD, dr. Gisela menegaskan pentingnya mengedepankan triase, yaitu proses penilaian awal untuk menentukan prioritas penanganan pasien.

“Triase terdiri dari beberapa kategori: hitam, merah, kuning, dan hijau. Pasien dengan triase merah dan kuning membutuhkan perhatian dan observasi yang lebih ketat dibandingkan pasien dengan triase hijau,” jelasnya.

Meskipun demikian, IGD Murni Teguh Ciledug tetap berkomitmen untuk memberikan pemeriksaan dan observasi optimal kepada seluruh pasien, tanpa memandang kategori triase.

Saat pasien tiba di IGD, mereka akan segera diperiksa tanda-tanda vitalnya, seperti tekanan darah, nadi, suhu, dan pernapasan.

“Pemeriksaan ini dilakukan segera setelah pasien mendapatkan bed,” ungkap dr. Gisela.

Penanganan oleh Dokter Umum

Setelah ditempatkan di ranjang pasien, dokter umum yang bertugas di IGD akan langsung melakukan pemeriksaan lebih lanjut menggunakan stetoskop dan memberikan pengobatan yang sesuai.

“Tujuan utama kami adalah memastikan setiap pasien menerima penanganan yang cepat dan optimal sesuai dengan kondisi medis mereka,” kata dr. Gisela.

Dengan prosedur yang ketat, IGD berupaya untuk memberikan layanan kesehatan terbaik kepada masyarakat, khususnya dalam situasi darurat yang membutuhkan respon cepat dan tepat.***

(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here