Thursday, 25 July 2024
HomeTravellingRomantisme Cilendek dan Gardu Listrik Tua di Kota Bogor

Romantisme Cilendek dan Gardu Listrik Tua di Kota Bogor

Bogordaily.net Ahad, 16 Juni 2024, saya kembali mengikuti jalan pagi sejarah bersama sahabat saya, kang Pinot, yang oleh peserta Japas dikenal dengan sebutan Om Pinot.

Meskipun hari itu adalah momen menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha, kegiatan bersama Om Pinot tetap memberikan kebahagiaan tersendiri.

Kami mengunjungi berbagai tempat bersejarah yang menyimpan sejuta kisah menarik tentang pertumbuhan dan perkembangan Kota Bogor.

Kota tercinta ini, yang dulu dikenal dengan sebutan Buitenzorg oleh para penjajah Belanda yang terpesona akan keindahannya, terus memikat hati.

Tempat pertama yang kami kunjungi adalah Rumah Sakit Marzoeki Mahdi di Jalan Sumeru.

Rumah Sakit Marzoeki Mahdi merupakan salah satu yang tertua di Bogor, bahkan mungkin di Indonesia, terutama dalam perawatan orang dengan gangguan jiwa. Didirikan pada 1 Juli 1882 dengan nama Hetkrankzinnigengestich, bangunan ini menyimpan sejarah panjang.

Meskipun modernisasi telah mengubah wajah depannya, sebagian bangunan tua dengan jendela dan pintu kolonial serta atap tinggi masih dapat kita saksikan. Keberadaan lonceng tua sebagai penanda aktivitas rumah sakit di zamannya menambah kesan historis.

Om Pinot memberikan pengalaman istimewa dengan membiarkan kami mendengar lonceng yang berdentang delapan kali tepat pada pukul 8.00 pagi. Suara lonceng yang menggema membawa kami seolah kembali ke masa lalu, ketika rumah sakit ini dikenal sebagai Rumah Sakit . “Nama ini dulunya membuat warga enggan berobat karena stigma yang melekat”.

Kami berfoto di depan lonceng tua itu, berusaha merangkul dan bernostalgia dengan masa silam. Terima kasih kepada Om Pinot, yang telah memberi kami pengalaman unik ini. Suara lonceng bukan hanya penanda aktivitas rumah sakit, tetapi juga ajakan untuk mengenang kejayaan masa lalu.***

Penulis: Abdullah Batarfie
Pengamat Sejarah Empang Bogor
Ketua Pusat Dokumentasi Al-Irsyad Bogor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here