Saturday, 22 June 2024
HomeOtomotifTips Merawat Tangki Motor Terhindar dari Karat Korosi

Tips Merawat Tangki Motor Terhindar dari Karat Korosi

Bogordaily.net – Berikut beberapa tips merawat agar terhindar dari karat karena hal ini merupakan bagian penting dalam kendaraan roda dua. Penempatan pada setiap jenis bisa berbeda-beda.

Pada sport, misalnya, tangki terletak di depan dan dari luar terlihat jadi bagian eksterior .

Namun tangki pada motor skutik atau bebek biasanya tersimpan di bawah jok atau di tengah dek motor. Berfungsi sebagai tempat penyimpanan bahan bakar yang digunakan dalam perjalanan, kondisi tangki pun harus diperhatikan.

Kebiasaan kebanyakan pemilik motor, hanya fokus pada bagian bodi dan mesin saja dan kurang memperhatikan kondisi tangki. Akibatnya kondisi terkadang memprihatinkan seperti karatan, korosi bahkan bocor.

Biasanya karena tangki jarang diisi bensin dengan full, akan membuat ada ruang kosong dalam tangki yang bisa bikin berembun dan inilah yang bisa menimbulkan karat dan korosi.

Lantaran factor ini, bisa mengakibatkan performa mesin terganggu terlebih jika ada kotoran pula yang masuk ke ruang bakar.

Akibatnya motor akan terasa tersendat-sendat dan tidak bisa diajak lari. Lebih parah dari itu bisa terancam bocor.

Berikut tips menghindari :

1.Biasakan Isi BBM Full

Jangan terlalu sering membiarkan tangki keadaan kosong atau hanya ada sisa sedikit bahan bakar di dalamnya.

Karena dengan membiarkan sisa ruang kosong di dalam tangki dan sisa BBM sedikit itulah yang akan menimbulkan embun, lalu embun berubah jadi air yang dapat menimbulkan karat dan korosi pada

2. Kuras secara rutin

Cara ini terbilang mudah apalagi untuk motor tipe sport karena posisi tangki berada di luar dan mudah dilepas. Menguras tangki secara rutin dapat mencegah menumpuknya kotoran yang membuat korosi dan mesin tersendat

3. Jangan semprotkan air terlalu kencang

Terutama jangan lakukan ini ke arah tutup tangki ketika mencuci motor. Meskipun tangka terbilang rapat dan terkunci, namun hal ini bisa jadi penyebab resapan air yang menimbulkan embun ke dalam tangki

4. Jangan Beli Bensin Eceran

Mulailah meminimalisir membeli bahan bahan bakar di penjual eceran. Karena penjual bensin eceran biasanya membeli menggunakan motor bertangki besar dan jerigen.

Kita tidak tau bagaimana kondisi tangki dari penjual tersebut dan apakah tercampur air atau tidak saat pemindahan bahan bakar tersebut.

Demikian sedikit tips untuk mencegah timbulnya kotoran dan karat yang bikin korosi dan bocor.

Nah, untuk menjaga kondisi motor tetap prima, selalu lakukan pemeriksaan dan perawatan rutin di bengkel, agar seluruh fitur dan komponen sepeda motor bisa bekerja secara optimal.***