Friday, 12 July 2024
HomeBeritaDPMD Kabupaten Bogor Gelar Bimtek Angkatan 2 Peningkatan Kapasitas Penasehat dan Pengawas...

DPMD Kabupaten Bogor Gelar Bimtek Angkatan 2 Peningkatan Kapasitas Penasehat dan Pengawas Bumdes

Bogordaily.net Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bogor menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) angkatan 2 peningkatan kapasitas penasehat dan pengawas Bumdes pada Senin hingga Rabu, 8 – 10 Juli 2024.

Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari yang dilaksanakan di Hotel Griya Inkoppabri, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor ini diikuti para peserta.

Di antaranya, penasehat dan pengawas Bum Desa, perwakilan unsur Kecamatan, dan perwakilan pendamping desa per kecamatan.

Turut dihadiri juga narasumber diantaranya, dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Dalam Negeri, Penyuluhan Anti Korupsi dan Pengelolaan Anti Korupsi, Akademisi IPB University, dan juga Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Bogor.

DPMD Kabupaten Bogor Gelar Bimtek Angkatan 2 Peningkatan Kapasitas Penasehat dan Pengawas Bumdes

Adapun dasar hukum pelaksanaan Bimtek tersebut sesuai dengan UU No.6 Tahun 2014 Tentang Desa, PP. No 11 Tahun 2021 Tentang BumDesa, dan juga Peraturan Bupati No.79 Tahun 2018 Tentang Pendirian, Pengurusan, Pengelolaan, dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa (BUMDES).

Pelaksana Kewilayahan Ekonomi Desa Alan Riadi SE MSi mengatakan bahwa, tujuan digelarnya Bimtek peningkatan kapasitas penasehat dan pengawas Bumdes untuk dapat memahami dan melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai regulasi.

“Tentunya para peserta dapat memahami terkait alur yang tepat penyertaan modal BumDesa, kemudian membangun sinergitas antar pengurus Bum Desa Kabupaten Bogor, serta mendapat pemahaman lebih terkait pengembangan bisnis berbasis desa,” ujar Alan Riadi kepada Bogordaily.net Selasa, 9 Juli 2024.

Alan mengatakan, kegiatan Bimtek peningkatan kapasitas penasehat dan pengawas Bumdes akan digelar dua sesi yakni pada tanggal 8 hingga 10 serta 15 hingga 17 Juli 2024.

Tentunya diikuti para peserta diantaranya, penasehat dan pengawas Bum Desa, perwakilan unsur Kecamatan, dan perwakilan pendamping Desa per Kecamatan.

Sementara itu, diharapkan dari hasil pelaksanaan bimtek peningkatan kapasitas penasehat dan pengawas Bumdes yakni, peserta dapat melaksanakan tugas dan tupoksi nya dengan baik untuk senantiasa memberikan pelayanan terbaik terhadap masyarakat desa. (Albin Pandita) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here