Thursday, 18 July 2024
HomeNasionalInalillahi, Tokoh Salafi Indonesia Ustaz Yazid bin Abdul Qadir Jawas Meninggal Dunia

Inalillahi, Tokoh Salafi Indonesia Ustaz Yazid bin Abdul Qadir Jawas Meninggal Dunia

Bogordaily.net Indonesia meninggal dunia pada Kamis (11/7/2024) di usia 61 tahun. 

Umat Islam khususnya para pengikut gerakan di Indonesia berduka atas kepergian , tokoh Manhaj tersebut.

Ustaz Yazid meninggal di Bogor, Jawa Barat, dan jenazahnya disemayamkan di rumah duka yang berlokasi di Jalan Tasmania V, Kompleks Tasmania, Bogor.

Sebelum meninggal, Ustaz Yazid sempat menjalani ibadah haji meskipun diberitakan mengalami penurunan kesehatan saat berada di Mekkah. 

Namun, Dia kembali ke Indonesia dan menghembuskan nafas terakhir di tanah air.

Profil Yazid bin Abdul Qadir Jawas

Ustaz Yazid dikenal sebagai sosok yang berpengaruh dalam gerakan Salafiyah di Indonesia. 

Almarhum juga dikenal sebagai penulis dan penceramah yang karyanya banyak memberikan kontribusi pada pemahaman Islam di Indonesia. 

Ustaz Yazid seringkali membawakan ceramah yang dikaitkan dengan gerakan ultra-konservatif Salafiyah dan pendidikannya dimulai di LIPIA.

Dia merupakan murid dari Abdur Razaq bin Abdul Muhsin al-Abbad, guru besar dari Universitas Islam Madinah, dan juga pernah berguru kepada Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, seorang ulama Sunni terkemuka dari Mekah.

“Berita Meninggal Dunia. إِنَّا للهِ وَإِنَّـا إِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ. Nama: Al . Meninggal di Bogor, Tgl 11 Juli 2024. Rumah duka: Jln. Tasmania V Komp. Tasmania, Bogor, Jawa Barat. Insya Allah akan dimakamkan di Bogor. Mohon dimaafkan apabila ada kesalahan,” demikian isi pengumuman dari keluarga.

Doa untuk almarhum pun disampaikan: “اللهم اغفر له وارحمه وعافه واعف عنه. اللهم اجعل قبره روضة من رياض الجنة، ولا تجعل قبره حفرة من حفر النيران، اللهم ضاعف حسناته، وتجاوز عن سيئاته، وارفع درجاته، واجمعه مع النبيين والمرسلين والشهداء والصالحين. آمين.”

Umat Islam di Indonesia kehilangan salah satu pencerah dan pembimbing yang telah banyak berkontribusi dalam mendidik dan menyebarkan nilai-nilai Islam. Semoga Allah SWT menerima semua amal ibadahnya, mengampuni dosa-dosanya, dan menempatkan Dia di tempat yang mulia di sisi-Nya.

Kabar  Indonesia meninggal dunia ini pun menjadi duka mendalam bagi umat muslim tanah air.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here