Friday, 20 September 2024
HomeKabupaten BogorApresiasi Para Inovator dan Periset, BRIN Gelar InaRI Expo 2024 di Cibinong

Apresiasi Para Inovator dan Periset, BRIN Gelar InaRI Expo 2024 di Cibinong

 

Bogordaily.net – Badan Riset dan Inovasi Nasional atau BRIN kembali menggelar Indonesia Research and Innovation Expo (InaRI Expo) 2024 di Bogor International Convention Center (BICC), Cibinong pada 8 hingga 11 Agustus 2024.

Adapun ajang InaRI Expo tahun ini merupakan yang ketiga kalinya sejak terbentuknya BRIN pada 2021 lalu.

Gelaran INARI Expo 2024 merupakan rangkaian peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-29 yang diperingati pada 10 Agustus 2024.

Dengan mengusung tema “Riset dan Inovasi untuk Indonesia Maju”, INARI Expo 2024 menampilkan berbagai hasil riset dan inovasi putra-putri terbaik bangsa.

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh periset dan inovator yang telah berkontribusi dalam memajukan riset dan inovasi di Indonesia.

Ia menekankan pentingnya inovasi dalam menciptakan nilai tambah berbagai sumber daya alam, memperkuat ketahanan ekonomi, meningkatkan kualitas hidup masyarakat, dan menjaga lingkungan secara berkelanjutan.

“InaRI Expo 2024 adalah momentum penting untuk memperlihatkan potensi, kapasitas dan kemampuan komunitas periset, dan aktivitas riset serta inovasi di Indonesia. Ini adalah wujud nyata dari semangat gotong royong dan kerja keras kita semua untuk membawa Indonesia menuju masa depan yang lebih cerah dan berdaya saing,” kata Handoko, Kamis 8 Agustus 2024.

Ia menjelaskan, gelaran InaRI Expo 2024 kali ini jauh lebih besar dibandingkan dengan penyelenggaraan sebelumnya.

Kali ini InaRI Expo 2024 mengintegrasikan sejumlah event besar seperti Indonesia Electric Motor Show (IEMS), pameran Perusahaan Pemula Berbasis Riset, UMKM, Indonesia Research and Innovatioan Fair (IRI Fair), dan Indonesia Inovator Lecture (IIL).

Lebih lanjut Handoko mengatakan, kegiatan diikuti oleh berbagai pemangku kepentingan.

“InaRI Expo 2024 selain menampilkan hasil riset dan inovasi BRIN, juga diikuti oleh kementerian/lembaga, pemerintah daerah, perguruan tinggi, BUMN, industri berbagai skala termasuk UMKM, asosiasi, dan organisasi internasional,” lanjutnya.

Menurutnya, InaRI Expo 2024 tidak hanya menjadi tolok ukur dari pencapaian  riset dan inovasi karya anak bangsa, namun juga sebagai etalase dari kemajuan riset dan inovasi teknologi di Indonesia.

Sebagai informasi, penyelenggaraan InaRI Expo 2024 pada 8 – 11 Agustus 2024 juga akan diisi dengan berbagai kegiatan terkait: pameran inovasi, temu bisnis, workshop, dan diskusi panel yang melibatkan para pakar dan praktisi dari berbagai bidang.

Para peserta juga akan memiliki kesempatan untuk berjejaring, bertukar ide, dan menjalin kolaborasi strategis yang diharapkan dapat menghasilkan terobosan-terobosan baru.

Handoko mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam InaRI Expo 2024, dan merayakan semangat inovasi yang menjadi kunci utama dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045.***

Albin Pandita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here