Friday, 20 September 2024
HomeKota BogorGempa Magnitudo 3,5 Guncang Bogor, Ini Wilayah yang Bergetar

Gempa Magnitudo 3,5 Guncang Bogor, Ini Wilayah yang Bergetar

Bogordaily.net – Gempa bumi kembali mengguncang Kota Bogor. Hal itu berdasarkan keterangan Badan Metrologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG, Senin 5 Agustus 2024.

BMKG menyatakan bahwa pusat gempa magnitudo 3,5 berada di Kota Bogor, Jawa Barat, dengan kedalaman 4 kilometer.

“Pusat gempa berada di darat 23 km barat daya Kota Bogor,” tulis laman resmi BMKG.

Pada laman tersebut disebutkan gempa yang semula dinyatakan berpusat di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, kemudian diperbaharui bahwa kejadian gempa magnitudo 3,5 yang terjadi pada Minggu (4/8) jam 23.16 WIB berpusat di Kota Bogor.

Informasi yang sama menyatakan bahwa lokasi berada 6.73 LS, 106.63 BT, di mana pusat gempa berada di darat 23 km barat daya Kota Bogor dengan kedalaman 4 kilometer.

Sementara untuk wilayah yang merasakan getaran nyata dalam rumah yaitu Cipeteuy Kabandungan, Kalapanunggal, Pamijahan Bogor, dan Kota Bogor.

“Gempa ini dirasakan untuk diteruskan pada masyarakat. Saran BMKG hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi,” sebut BMKG.

Tak hanya di Bogor, akhir pekan atau Minggu 4 Agustus 2024 terjadi empat kali gempa hari ini di Indonesia.

Gempa pertama pada hari ini menggetarkan pukul 03:39:58 WIB di wilayah Batang, Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

“Pusat gempa berada di darat 2 kilometer timur laut Batang,” kata BMKG.

Gempa tersebut memiliki kekuatan magnitudo 2,7 dengan kedalaman 17 kilometer. Gempa bumi di Indonesia tersebut dirasakan MMI (Modified Mercalli Intensity) II di Batang.

Episenter gempa di Indonesia tersebut dilaporkan BMKG melalui laman resminya www.bmkg.go.id, berada pada koordinat titik 6.89 Lintang Selatan (LS) dan 109.74 Bujur Timur (BT).

Kemudian pada pukul 11:11:10 WIB, gempa bumi membuat wilayah Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua. Lindu dirasakan MMI (Modified Mercalli Intensity) II di Kota Jayapura.

Episenter gempa di Indonesia tersebut dilaporkan BMKG berada pada koordinat titik 2.45 Lintang Selatan (LS) dan 140.42 Bujur Timur (BT).

Pusat gempa berada di laut 15 kilometer timur laut Kabupaten Jayapura. Gempa bumi itu berkekuatan magnitudo 3,4 dengan kedalaman 18 kilometer.

Lalu siang tadi pukul 13:23:25 WIB, gempa membuat wilayah Bangkalan, Provinsi Jawa Timur (Jatim). Pusat gempa berada di laut 153 kilometer timur laut Bangkalan.

Gempa memiliki kekuatan magnitudo 4,1 dengan kedalaman 33 kilometer. Gempa dirasakan MMI (Modified Mercalli Intensity) II di Bawean. Gempa memiliki kekuatan magnitudo 4,1 dengan kedalaman 33 kilometer.

Episenter gempa dilaporkan BMKG berada pada koordinat titik 5.67 Lintang Selatan (LS) dan 113.08 Bujur Timur (BT).

Jelang sore hari pukul 15:03:26 WIB, gempa bumi menggetarkan wilayah Saparua, Kepulauan Maluku. Gempa dirasakan MMI (Modified Mercalli Intensity) II di Ambon.

Gempa yang terjadi berkekuatan magnitudo 4,8 dengan kedalaman 123 kilometer. Pusat gempa berada di Laut 23 kilometer barat Saparua.

Episenter gempa dilaporkan BMKG berada pada koordinat titik 3.65 Lintang Selatan (LS) dan 128.46 Bujur Timur (BT). ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here