Saturday, 21 September 2024
HomeKota BogorPemkot Bogor Pilih ART Ketimbang Trem Untuk Transportasi Modern dalam Kota

Pemkot Bogor Pilih ART Ketimbang Trem Untuk Transportasi Modern dalam Kota

Bogordaily.net – Pemkot Bogor saat ini dikabarkan lebih memilih menggunakan Autonomous Rail Transit (ART) atau kereta tanpa rel ketimbang Trem untuk transportasi modern di Kota Hujan.

Autonomous Rail Transit (ART) merupakan transportasi yang sudah berjalan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur.

Pj Wali Kota Bogor Hery Antasari mengatakan, Presiden RI Joko Widodo telah memberikan arahan mengenai transportasi massal kepada kota-kota yang kerap mengalami kemacetan.

Dalam arahannya, kata Hery, Presiden Jokowi meminta agar pemerintah daerah memilih transportasi massal dengan paling efisien dan sesuai kemampuan daerah.

“Salah satunya ialah teknologi ART senilai Rp75 miliar per unit dengan tiga gerbong,” kata Pj Wali Kota Bogor Hery Antasari

Menurut Hery, jika dibandingkan dengan transportasi perkeretaan massal yang sudah ada, ART yang saat ini sudah hadir di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur ini jauh lebih murah, termasuk pemeliharaannya.

Sementara itu, Kepala Dishub Kota Bogor, Marse Hendra Saputra mengatakan, rencana Pemkot Bogor membangun transportasi berbasis rel dalam kota atau Trem di Kota Bogor nampaknya urung terlaksana.

“Pemkot Bogor saat ini tengah mengkaji rencana pengadaan ART atau kereta tanpa rel sebagai pengganti Trem di Kota Bogor,” kata Kepala Dishub Kota Bogor, Marse Hendra Saputra.***

Muhammad Irfan Ramadan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here