Wednesday, 23 October 2024
HomeKota BogorPolresta Bogor Kota Gelar Sispamkota, Antisipasi Kericuhan Pilkada 2024

Polresta Bogor Kota Gelar Sispamkota, Antisipasi Kericuhan Pilkada 2024

Bogordaily.net – Polresta Bogor Kota menggelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) sebagai persiapan menghadapi terjadinya kericuhan di Pilkada serentak 2024, pada 14 Agustus 2024.

Sispamkota yang digelar di Mako Polresta Bogor Kota bersama jajaran Satpol PP, TNI, dan Brimob.

“Mulai dari pendaftaran, kampanye, penyaluran logistik, masa tenang, masa pungut dan hitung suara, hingga pasca pemungutan suara,” ujar Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso dalam keterangannya.

Dalam Sispamkota, Bismo menyampaikan adanya beberapa kasus yang bisa menimbulkan kerawanan dan kericuhan di Pilkada 2024 mendatang.

“Misalnya kericuhan sesama pendukung Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota, protes di masa pemungutan suara hingga kericuhan massa akibat tak puas dengan hasil Pilkada,” ucapnya.

Tidak hanya itu, Bismo mengatakan telah menyiapkan 5.000 personel gabungan untuk menjaga keamanan Pilkada 2024 di beberapa titik.

“Personel gabungan akan mengawal seluruh tahapan dan tempat-tempat yang berkaitan dengan Pilkada seperti TPS, Kantor KPU, dan Bawaslu,” ungkapnya.

“Apalagi kami juga mesti berkaca dari pengalaman Pemilihan Umum 2024 kemarin yang ada gugatan,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor, Muhammad Habibi Zaenal Arifin berharap dengan digelarnya Sispamkota bisa menjadi patokan dalam mengantisipasi terjadinya kericuhan di Pilkada 2024.

“Dengan adanya simulasi ini kami berharap situasi dan kondisi Kota Bogor bisa senantiasa kondusif, sehingga pendukung atau simpatisan mampu menjaga kondusifitas,” tutupnya. (Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here