Friday, 20 September 2024
HomeKabupaten BogorSertifikat Tanah Kini Digital, IPPAT dan Pemkab Bogor Lakukan Sosialisasi

Sertifikat Tanah Kini Digital, IPPAT dan Pemkab Bogor Lakukan Sosialisasi

Bogordaily.net – Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bogor juga Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ BPN lakukan Pembinaan dan Sosialisasi alih media sertifikat dari analog menjadi sertifikat elektronik, yang berlangsung di Gedung Tegar Beriman Cibinong, Rabu (7/8/24).

Pj. Sekretaris Kabupaten (Sekda) Kabupaten Bogor, Suryanto Putra menjelaskan, dunia digital jadi satu keharusan yang harus dilakukan yang tidak bisa dihindari, resolusi digital terutama sertifikat pertanahan dari analog menjadi digital merupakan reformatif yang tengah digalakkan di Indonesia.

Bahkan sesuai instruksi Presiden, Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) digital suatu keharusan yang tidak bisa tunda-tunda, pemerintah melalui kementerian ATR/BPN akan mengubah sertifikat analog menjadi digital Sertifikat Tanah Elektronik atau (ST-El).

“Dengan sertifikat elektronik yang tersimpan didalam database masyarakat pemilik tanah bisa melihat dan menggunakannya dimana dan kapan saja. Juga dapat meningkatkan efisiensi, transparansi, dan akurasi yang lebih tinggi dalam pengelolaan data pertanahan,” tutur Pj. Sekda Kabupaten Bogor.

Menurut Pj Sekda, sistem digitalisasi akan memberikan perubahan dan kebiasaan bahkan menjadi suatu kebutuhan dan keharusan yang tidak bisa dihindari.

“Kami harap melalui sistem digital ini juga dibarengi dengan sisi keamanannya, dengan sistem digital semua berubah, percepatan juga efisiensi bisa terjadi,’ ujarnya.

Untuk itu, lanjut dia, pertemuan ini menjadi penting sebagai sarana sosialisasi terhadap para PPAT yang dapat memberikan pemahaman komprehensif beralihnya ke sertifikat elektronik, serta dapat menjawab pertemuan-pertemuan yang ada di masyarakat dan memberikan kepastian hukum kepada masyarakat hak atas tanahnya.

Selanjutnya, Ketua Pengda IPPAT Kabupaten Bogor, Cynthia Kania mengungkapkan, beralihnya sertifikat dari analog menjadi elektronik dalam rangka optimalisasi teknologi dan inovasi serta meningkatkan administrasi pengelolaan pertanahan yang lebih efisien, akuntabel dan memberikan kepastian hukum yang lebih kuat bagi masyarakat.

“Terima kasih kepada Pemkab Bogor dan jajaran Kementerian ATR/BPN atas kerjasama terselenggaranya kegiatan ini dengan sangat baik. Semoga PPAT Kabupaten Bogor bisa terus melaksanakan tugas melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya,” tandasnya. ***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here