Wednesday, 18 September 2024
HomeTravelling10 Keunikan Negara Vatikan yang Jarang Diketahui 

10 Keunikan Negara Vatikan yang Jarang Diketahui 

Bogordaily.net – Keunikan Negara Vatikan menarik untuk dibahas. Negara ini ikut jadi perbincangan seiring kedatangan Paus Fransiskus.

Negara kota terkecil di dunia ini memiliki landmark berupa Gereja Katolik Roma yang menjadi salah satu destinasi impian umat Katolik di seluruh dunia. 

Dikutip dari thevaticantickets.com, negara kota kecil dengan luas tanah hanya 0,44 km persegi ini sekaligus menjadi rumah bagi beberapa karya seni paling signifikan selama berabad-abad, sehingga juga menarik perhatian para penggemar sejarah dan seni. 

Keunikan Negara Vatikan 

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang Vatikan.

  1. Negara terkecil di dunia

Dengan luas hanya 0,44 kilometer persegi dan populasi 825 orang, Vatikan adalah negara terkecil di dunia. Negara ini mungkin satu-satunya negara di dunia yang membuat turis dapat berjalan-jalan dalam waktu kurang dari 1 jam dan sudah bisa mengelilingi seluruh area negeri. 

  1. Tidak memiliki penjara

Vatikan kemungkinan adalah satu-satunya negara di Bumi yang tidak memiliki penjara. Negara ini memang memiliki beberapa sel untuk penahanan pra-persidangan. Mereka yang dihukum dan dijatuhi hukuman penjara menjalani hukuman di penjara Italia sesuai Perjanjian Lateran. Biaya pemenjaraan ditanggung oleh pemerintah Vatikan.

  1. Sarang kejahatan

Vatikan adalah rumah bagi kurang dari 1.000 penduduk resmi. Meski merupakan kota suci bagi umat Katolik, negara ini ternyata memiliki tingkat kejahatan tertinggi dari negara mana pun di dunia. Beberapa jenis kejahatan tidak dilakukan oleh warga lokal, melainkan oleh jutaan wisatawan yang mendatangi negara tersebut. Kejahatan yang paling umum adalah pengutilan, menjambret dompet, dan mencopet. Berbagai situs web resmi pariwisata Vatikan sendiri meminta wisatawan untuk waspada setiap saat.

  1. Vatikan, Ibu Kota Anggur

Dilaporkan bahwa penduduk Vatikan mengonsumsi lebih banyak anggur per kapita daripada di tempat lain di dunia. Rata-rata penduduk Vatikan mengonsumsi 74 liter anggur setiap tahun, yang dua kali lipat lebih banyak konsumsi negara-negara penghasil anggur seperti Prancis dan Italia.

Ada beberapa alasan konsumsi anggur mereka lebih tinggi. Penduduk Vatikan cenderung makan secara komunal dalam kelompok yang lebih besar, dan satu-satunya supermarket di kota itu menjual anggur bebas bea, sehingga menghasilkan konsumsi yang lebih tinggi.

  1. Paus dilindungi oleh Pengawal Swiss

Sebanyak 135 tentara Swiss, dikenal sebagai Pontifical Swiss Guard, bertanggung jawab untuk melindungi Paus. Mereka pertama kali dipekerjakan pada tahun 1506 oleh Paus Julius II yang membutuhkan perlindungan pribadi dari musuh Gereja. Mereka mudah dikenali dalam seragam bergaris warna-warni. Syarat menjadi Pontifical Swiss Guard adalah harus laki-laki, berusia antara 19 dan 30 tahun, seorang Kristen, dan harus telah menyelesaikan pelatihan militer dasar.

  1. Tidak ada kewarganegaraan permanen di Vatikan

Vatikan tidak memiliki rumah sakit, atau yang lebih penting, tidak ada ruang bersalin. Akibatnya, tidak ada yang bisa menjadi warga Vatikan sejak lahir. Kewarganegaraan diberikan hanya ketika Anda ditunjuk untuk bekerja dalam kapasitas tertentu untuk pelayanan Takhta Suci. Kewarganegaraan diperluas ke pasangan, orang tua, dan kerabat lain yang tinggal bersama. Setelah penunjukan berhenti, kewarganegaraan akan dicabut.

  1. Ada ATM dengan Instruksi Dalam Bahasa Latin

Bahasa Italia adalah bahasa resmi Kota Vatikan dan merupakan bahasa yang digunakan untuk semua urusan resmi. Bahasa Italia juga merupakan lingua franca, tetapi Takhta Suci menggunakan bahasa Latin sebagai bahasa resminya. Vatikan juga dianggap sebagai penjaga de facto bahasa Latin. Jadi, mungkin tidak mengherankan fakta bahwa ATM Bank Vatikan menawarkan instruksi dalam bahasa Latin.

  1. Jalur kereta api terpendek di dunia

Kota Vatikan juga merupakan rumah bagi kereta api terpendek di dunia. Kereta api Vatikan memiliki dua jalur sepanjang 300 meter dan memiliki satu stasiun, yaitu Citta Vaticano. Rel kereta api dan stasiun kereta api dibangun pada masa kepausan Paus Pius XI. Kereta ini pun digunakan untuk mengangkut barang, dan bukan untuk penumpang reguler.

  1. Vatikan memiliki teleskop di Arizona, AS

Pada tahun 1981, Vatikan membeli teleskop canggih, yang merupakan salah satu teleskop terbesar di dunia – Teleskop Teknologi Canggih Vatikan. Teleskop tersebut berada di puncak Gunung Graham di wilayah tenggara Arizona dan Vatikan melakukan penelitian astronomi dari sini.

  1. Situs Warisan Dunia

Vatikan adalah satu-satunya negara yang sepenuhnya ditetapkan sebagai situs aWarisan Dunia, terdaftar pada tahun 1984. Daftar ini mencakup kota Vatikan dan properti ekstrateritorial di Roma, yaitu Basilika Santo Petrus dan Santo Maria Mayor.

Itulah ulasan dan informasi mengenai keunikan Negara Vatikan.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here