Saturday, 28 September 2024
HomeKota BogorAptiknas dan Epson Gelar Seminar: Dorong Penggunaan Produk TKDN Menuju Indonesia Emas...

Aptiknas dan Epson Gelar Seminar: Dorong Penggunaan Produk TKDN Menuju Indonesia Emas 2024

Bogordaily.net – Asosiasi Pengusaha TIK Nasional Indonesia (Aptiknas) DPD Bogor bersama Epson menyelenggarakan seminar bertema “Mendorong Penggunaan Produk TKDN Menuju Indonesia Emas 2024” di Ballroom IPB International Convention Center (ICC).

Acara ini berfokus pada penerapan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dalam industri Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Ketua Aptiknas DPD Bogor, Azka Bazil Danish Rahmat, menjelaskan bahwa seminar ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya penggunaan produk ber-TKDN tinggi, khususnya dalam pengadaan barang di instansi pemerintah.

“Yang menjadi fokus utama adalah prioritas penggunaan produk dalam negeri dengan kandungan lokal tinggi dalam proses pengadaan pemerintah,” kata Azka.

Meski tidak semua teknologi diproduksi dalam negeri, lanjut Azka, beberapa produk turunan dari Epson sudah mulai diproduksi secara lokal, menunjukkan komitmen yang signifikan.

“Kolaborasi kami bersama Epson dan Pemerintah Kota Bogor tidak hanya untuk memasarkan produk, tetapi juga dalam upaya meningkatkan ekonomi dengan melibatkan sumber daya manusia dan alam lokal,” tambahnya.

Head of Sales Epson, Muhammad Husni Nurdin, mengungkapkan bahwa Epson sangat mendukung kebijakan TKDN pemerintah. Selain fokus pada produksi, mereka juga meningkatkan kegiatan edukasi dan komunikasi terkait TKDN.

“Tahun ini, kami mengadakan tiga kali lebih banyak kegiatan dibandingkan tahun sebelumnya untuk memastikan pemahaman yang menyeluruh,” katanya.

Menurut Husni, Epson juga bekerja sama dengan asosiasi dan instansi daerah untuk memastikan kebijakan TKDN dipahami oleh semua pihak terkait.

“Fokus kami tidak hanya di produksi, tapi juga dalam mengedukasi para pemangku kepentingan agar kebijakan ini bisa berjalan optimal,” tambahnya.

Sekretaris Diskominfo Kota Bogor, Oki Tri Fasiasta Nurmala Alam, yang turut hadir dalam acara tersebut, menyatakan bahwa kebijakan TKDN sudah menjadi mandatori bagi instansi pusat maupun daerah dalam pengadaan barang dan jasa.

“Di Kota Bogor, komitmen perencanaan TKDN sudah mencapai 93,8 persen dengan realisasi 83,8 persen,” ungkap Oki.

Namun, Oki juga menyebut bahwa masih ada tantangan dalam memenuhi TKDN untuk beberapa produk, terutama di sektor telematika.

Ia menekankan bahwa penerapan TKDN adalah langkah strategis untuk mendukung pengembangan industri nasional, khususnya di sektor TIK.

“TKDN merupakan kewajiban yang harus terus diupayakan untuk mendukung industrialisasi teknologi di Indonesia,” pungkasnya.***

Ibnu Galansa

Asosiasi Pengusaha TIK Nasional Indonesia (Aptiknas) DPD Bogor bersama Epson menyelenggarakan seminar bertema “Mendorong Penggunaan Produk TKDN Menuju Indonesia Emas 2024. (Ibnu/bogordaily.net).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here