Saturday, 28 September 2024
HomeKabupaten BogorBSI Maslahat dan Binus University Beri Alat Rekacipta di Pondok Pesantren Al-Mahfudz

BSI Maslahat dan Binus University Beri Alat Rekacipta di Pondok Pesantren Al-Mahfudz

Bogordaily.net – BSI Maslahat dan Binus University (Universitas Bina Nusantara) menjalin kerjasama dalam program pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan dan melatih penggunaan alat rekacipta di Pondok Pesantren Al-Mahfudz Desa Cijayanti, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Dalam kegiatan yang berlangsung pada Kamis, 26 September 2024 ini merupakan wujud nyata kontribusi kedua institusi dalam upaya pemberdayaan masyarakat dan peningkatan keterampilan di lingkungan pesantren.

Adapun, BSI Maslahat dan Binus University memberikan bantuan alat IoT IMON ANDA-MANTAU sejumlah 3 unit. Alat ini merupakan perangkat monitoring untuk melihat kualitas air pada kolam ikan.

Kemudian, alat alat ini diharapkan dapat membantu usaha budidaya ikan sistem Bioplok di Pondok Pesantren untuk memonitoring kondisi air agar efisien dalam pemeliharaan dan meningkatkan kualitas budidaya ikan.

Perlunya penggunaan internet of things (IoT) dalam industri perikanan guna meningkatkan efektifitas.

Selain itu, perlunya penyempurnaan pada IoT IMON ANDA-MANTAU yang kedepannya akan menjadi potensi kerjasama berkelanjutan seperti pemasangan monitor, data sensor dan lainnya.

Direktur BSI Maslahat, Dr. Muhammad Sobirin, menyampaikan terimakasih kepada semua pihak adanya agenda ini merupakan bentuk kolaborasi pentahelix. Dimana tidak hanya membahas teori saja, tetapi sudah diimplementasikan.

“Harapannya, dengan lahan satu hektar ini selanjutnya bisa scale up baik perikanan maupun peternakan. Selain itu penerapan social enterprise yang dampaknya dapat dirasakan oleh para santri juga masyarakat setempat,” ujar Sobirin.

Selanjutnya, Ketua Tim Projek inisiatif Binus University Dr. Devi Fitriana, S.Kom, MTI berharap, melalui acara ini semoga dapat menjadi tonggak dari suatu berkelanjutan untuk dapat terus berkolaborasi.

“Karena saya melihat kira-kira masih banyak potensi seperti pemasangan data sensor, monitor, decision dan sebagainya. Semoga kedepannya akan ada kolaborasi baik yang bisa kita lakukan,” ungkap Dr Devi.(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here