Thursday, 24 October 2024
HomeKota BogorDPRD Kota Bogor Minta Pemkot Perhatikan Geografis dan Upaya Mitigasi Bencana

DPRD Kota Bogor Minta Pemkot Perhatikan Geografis dan Upaya Mitigasi Bencana

Bogordaily.net – DPRD Kota Bogor meminta Pemerintah Kota atau Pemkot Bogor memperhatikan kondisi geografis kota dan upaya mitigasi pasca kejadian bencana yang melanda beberapa hari lalu.

Wakil Ketua Sementara DPRD Kota Bogor Rusli Prihatevy mengatakan, mitigasi bencana harus dilaksanakan berbasis peta wilayah bencana.

Ia menegaskan, peta wilayah bencana pernah disusun oleh BPBD Kota Bogor. Terkait daerah-daerah yang memang memiliki potensi bencana khususnya yang paling rawan.

Rusli juga meminta Pemkot Bogor mengawal Surat Keputusan (SK) Kebencanaan untuk bantuan korban.

“Di mana SK tersebut dikeluarkan BPBD Kota Bogor untuk ditindaklanjuti oleh Dinas PUPR atau Disperumkim memperbaiki infrastruktur yang rusak akibat bencana,” jelas Rusli

Langkah selanjutnya, kata Rusli, pemkot juga masuk ke dalam tim evakuasi korban. Baik dalam segi pengawasan anggaran dan kebijakan.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat 22 bencana menerjang wilayah Kota Bogor pada Senin 2 September 2024.

Kejadian tersebut disebabkan oleh hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kota Bogor sejak sore menjelang malam hari.

Bencana tersebar di enam wilayah yakni Kecamatan Tanah Sareal, Kecamatan Bogor Utara, Kecamatan Bogor Tengah, Kecamatan Bogor Barat, Kecamatan Bogor Timur dan Kecamatan Bogor Selatan. Peristiwa itu juga menyebabkan satu orang luka-luka.

Oleh karena itu, BPBD mengimbau aparat wilayah untuk memastikan dan mengedukasi warga terkait mitigasi di musim hujan.

Terutama untuk tidak berteduh di bawah pohon, serta memarkirkan kendaraan di bawah pohon saat hujan deras dan angin kencang. (Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here