Wednesday, 18 September 2024
HomeKota BogorFakultas Hukum Unpak Bogor Sukses Gelar PKKMB

Fakultas Hukum Unpak Bogor Sukses Gelar PKKMB

Bogordaily.net – Pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru atau yang dikenal dengan PKKMB sukses diselenggarakan oleh Fakultas Hukum Universitas Pakuan (Unpak) Bogor dengan mengangkat tema ‘Membentuk Mahasiswa Unggul yang Berpikir Kritis dan Berkarakter Pancasila dalam Menghadapi Tantangan Abad 21’.

Kegiatan PKKMB tahun ini diikuti oleh 300 peserta lebih mahasiswa Fakultas Hukum Unpak yang berlatar belakang berbeda-beda dan tersebar dari daerah juga kabupaten kota di luar Kota dan Kabupaten Bogor.

Kegiatan ini didukung penuh oleh Universitas Pakuan dan khususnya Fakultas Hukum dengan tujuan mengenalkan mahasiswa baru terhadap prodi yang dipilihnya yaitu ilmu hukum.

Mahasiswa baru bisa engetahui segala hal dimulai dari sistem pendidikan aplikasi yang digunakan untuk menunjang proses pembelajaran fasilitas pendukung untuk memenuhi kebutuhan akademik maupun non akademik yang berada di kampus.

Program ini juga sekaligus dimotori dan didukung penuh oleh kelembagaan BEM BLM dan unit kegiatan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Pakuan

Program ini tentu bukan program yang baru namun sudah menjadi program tahunan yang diharapkan setiap tahunnya memiliki ide dan gagasan serta mengenalkan lebih lanjut tentang perkembangan Fakultas Hukum dan kampus Unpak.

Mengingat prodi ilmu hukum adalah salah satu prodi favorit di Universitas Pakuan dengan akreditasi unggul yang dimiliki tentu menawarkan banyak pengalaman serta peluang bagi mahasiswa baru untuk bisa menggapai cita-cita serta mengukir banyak prestasi, Fakultas Hukum berkomitmen untuk mendukung mahasiswa dalam meraih prestasi.

Fakultas Hukum Universitas Pakuan (Unpak) Bogor sukses menggelar PKKMB dengan mengangkat tema ‘Membentuk Mahasiswa Unggul yang Berpikir Kritis dan Berkarakter Pancasila dalam Menghadapi Tantangan Abad 21’.

Baik di bidang akademik maupun non akademik baik tingkat lokal nasional maupun internasional karena komitmen ini bagian dari peningkatan akreditasi institusi dan juga peningkatan soft skill dan hard skill bagi mahasiswa itu sendiri.

Menurut Dekan Fakultas Hukum Unpak Bogor, Dr. Asmak Ul Hosnah SH MH, program PKKMB tahun ini memang tidak terlalu jauh berbeda dengan program-program sebelumnya. Namun dari program yang kemudian dilaksanakan di tahun ini tentu memiliki sentuhan-sentuhan berbeda diantaranya dimulai dari narasumber yang kapabel sesuai disiplin ilmu serta kemasan acara yang mengedepankan kolaboratif kerjasama serta inovatif.

Narasumber yang dimaksud antara lain:, Agus Ridho, S.H., M.H, Dr. Emiral Rangga Tranggono, S.H., M.H., CPL dan Firman Wijaya SH.

Di sisi lain, PKKMB selain mengenalkan lembaga dan institusi juga berfokus kepada inovasi serta peningkatan pengetahuan umum dan pengetahuan khusus berkaitan dengan disiplin ilmu hukum serta memandang perkembangan digital industri 5.0 dan juga 4.0 sebagai target yang harus digapai.

“Perkembangan teknologi merambah di semua sektor tidak terkecuali disiplin ilmu hukum. Tantangan mahasiswa dan juga institusi terhadap perkembangan digital ini juga dituntut untuk bisa cepat menyesuaikan dan tidak lupa berpegang pada prinsip Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa hal ini diharapkan tetap mengedepankan rasa nasionalisme dan juga memandang sebuah perubahan sebagai sesuatu yang harus dicapai,” kata Dekan Fakultas Hukum Unpak Bogor, Dr. Asmak Ul Hosnah SH MH.

Ia juga berharap program PKKMB di tahun mendatang juga memiliki ide dan gagasan serta mengedepankan kolaborasi dan upaya-upaya untuk selalu meningkatkan kemampuan soft skill dan hard skill bagi mahasiswa agar mampu bersaing di dunia kerja. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here