Friday, 27 September 2024
HomeBeritaKonsisten Optimalkan Energi Baru Terbarukan, SBI Pabrik Narogong Raih Penghargaan dari Majalah...

Konsisten Optimalkan Energi Baru Terbarukan, SBI Pabrik Narogong Raih Penghargaan dari Majalah Listrik Indonesia

Bogordaily.net – Komitmen PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) Pabrik Narogong, yang merupakan anak usaha dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk – SIG, dalam mengoptimalkan Energi Baru Terbarukan (EBT) mendapat penghargaan dari Majalah Listrik Indonesia untuk kategori Pendukung Transisi Energi di Hotel Bidakara, Jakarta, 26 September 2024.

Acara penghargaan kali ini turut dihadiri oleh Direktur Jenderal EBTKE Kementerian Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia, Prof. Dr. Eng. Eniya Listiani Dewi, B.Eng, M.Eng.

General Manager SBI Pabrik Narogong, Muhamad Istifaul Amin menyampaikan, penghargaan ini merupakan bukti kontribusi nyata SBI guna mencapai Target Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) 2030 sekaligus mendukung program Pemerintah Indonesia untuk mencapai Net Zero Emission pada tahun 2050.

“SBI terus berupaya untuk berinovasi dan konsisten dalam menerapkan prinsip keberlanjutan pada setiap proses produksi agar dapat memberikan kontribusi positif demi mewujudkan masa depan yang kita mau”, tutur Istifaul Amin.

Istifaul Amin menambahkan, inisiatif ini selaras dengan visi dan misi jangka panjang perusahaan untuk mewujudkan industri yang lebih ramah lingkungan serta mendorong kemajuan sektor listrik dan energi yang dapat membantu percepatan transisi industri hijau.

Kontribusi Nyata dalam Penerapan Praktek Keberlanjutan

Implementasi teknologi injeksi hidrogen untuk efisiensi operasional kiln di SBI Pabrik Narogong.

Sebagai bagian dari komitmen perusahaan terhadap lingkungan, SBI menargetkan pengurangan emisi CO2 sekitar 30% dari baseline 2010 yang sejalan dengan Sustainability Road Map 2030 di berbagai lokasi operasional.

Beragam inisiatif yang dilakukan antara lain menggunakan energi alternatif dari limbah industri, biomassa, dan sampah kota yang diolah menjadi RDF untuk pengganti bahan bakar fosil, serta implementasi teknologi injeksi hidrogen pada operasi kiln guna meningkatkan kecepatan pembakaran, dan mengurangi limbah serta emisi pembakaran, sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien dan emisi CO2 berkurang di SBI Pabrik Narogong.

“Kami menyadari pentingnya kontribusi nyata dalam menjaga keberlangsungan bumi. Oleh karena itu, inisiatif ini (EBT) adalah bagian dari upaya jangka panjang kami untuk memberikan manfaat nyata bagi lingkungan dan masyarakat. Kami yakin, dengan yang SBI lakukan saat ini, perusahaan bisa mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan tanpa merusak keutuhan ekosistem”, tutur Istifaul Amin.

Selain memaksimalkan penggunaan bahan bakar alternatif untuk proses produksi, SBI juga melakukan inisiatif dekarbonisasi melalui penggunaan panel surya di beberapa area operasional Perusahaan.

Terbaru, SBI menginstalasi panel surya di Pabrik Tuban dengan kapasitas terpasang 6,39 MWp yang merupakan percontohan panel surya rooftop dalam skala besar yang diterapkan di anak usaha SIG sebagai bagian dari upaya kolektif global dalam pengurangan dampak perubahan iklim.

PT Solusi Bangun Indonesia Tbk adalah sebuah perseroan terbuka yang mayoritas sahamnya (83,52%) dimiliki dan dikelola oleh SIG. Perseroan menjalankan usaha yang terintegrasi dari semen, beton siap pakai, agregat dan layanan pengelolaan limbah yang mengoperasikan empat pabrik semen di Narogong (Jawa Barat), Cilacap (Jawa Tengah), Tuban (Jawa Timur), dan Lhoknga (Aceh), dengan total kapasitas 14,8 juta ton semen per tahun, dan mempekerjakan lebih dari 2.000 orang. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here