Wednesday, 18 September 2024
HomePolitikKPU Kota Bogor Sosialisasi Pemilih Pemula di SMA Tunas Harapan untuk Pilkada...

KPU Kota Bogor Sosialisasi Pemilih Pemula di SMA Tunas Harapan untuk Pilkada 2024

Bogordaily.net – Dalam meningkatkan partisipasi pemilih pemula pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Komisi Pemilihan Umum atau KPU.Kota Bogor melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih di SMA Tunas Harapan, Kelurahan Empang, Kecamatan Bogor Selatan, pada Jum’at, 13 September 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program “Go to School” yang bertujuan memberikan edukasi kepada siswa-siswi tentang pentingnya peran pemilih pemula dalam demokrasi.

Ketua KPU Kota Bogor, M. Habibi Zaenal Arifin, menjelaskan bahwa Pilkada serentak 2024 akan digelar pada Rabu, 27 November 2024 mendatang.

Untuk itu, KPU secara intensif melaksanakan sosialisasi di berbagai sekolah yang ada di Kota Bogor.

“Kami datang ke sekolah-sekolah untuk memberikan sosialisasi kepada para pemilih pemula. Saat ini kami berada di SMA Tunas Harapan, Bogor Selatan, untuk menyampaikan pentingnya peran siswa dalam Pilkada 2024,” ujar Habibi.

Menurut data yang dihimpun dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor, jumlah pemilih pemula di Kota Bogor diperkirakan mencapai 12 ribu orang.

Rentang waktu pemilih pemula ini mencakup warga yang lahir antara Februari hingga November 2024. Dari jumlah tersebut, setiap Kecamatan di Kota Bogor rata-rata memiliki sekitar 2 ribu pemilih pemula.

Habibi juga menekankan pentingnya para siswa untuk mengecek status mereka sebagai peserta pemilih.

“Sebagai pemilih pemula, penting bagi para siswa untuk memeriksa apakah mereka sudah terdaftar di daftar pemilih. Mereka bisa mengecek melalui situs web resmi KPU di https://cekdptonline.kpu.go.id,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Sekolah SMA Tunas Harapan, Mariana Sibuea, menyambut baik inisiatif KPU Kota Bogor.

Menurutnya, sosialisasi ini sangat penting dengan penerapan Kurikulum Merdeka, terutama dalam konteks Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema “Suara Demokrasi”.

“Kami ingin menampilkan profil pelajar Pancasila yang salah satunya berakhlak kepada negara. Menggunakan hak pilih pada 27 November 2024 nanti adalah bentuk tanggung jawab kami sebagai warga negara. Kami sangat mengapresiasi sosialisasi dari KPU yang memberikan pemahaman kepada siswa kami tentang pentingnya menggunakan hak suara,” tuturnya.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh siswa-siswi dari berbagai tingkat, yaitu kelas X, XI, dan XII.

Dengan antusiasme yang tinggi, para siswa terlihat bersemangat dalam mengikuti penjelasan dan diskusi mengenai pentingnya pemilu serta bagaimana peran mereka sebagai pemilih pemula dapat berpengaruh dalam menentukan masa depan bangsa.

Dengan adanya program “Go to School” dari KPU Kota Bogor, diharapkan para pemilih pemula tidak hanya memahami proses pemilu, tetapi juga lebih aktif dalam menggunakan hak suaranya pada Pilkada serentak yang akan datang. (Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here