Friday, 27 September 2024
HomeNasionalPeduli terhadap Aksi Sosial, Ini Jajaran Perusahaan Peraih Top CSR, CSV dan...

Peduli terhadap Aksi Sosial, Ini Jajaran Perusahaan Peraih Top CSR, CSV dan SDGs Award 2024

Bogordaily.net – Media INFOBRAND.ID bersama TRAS N CO Indonesia kembali mengapresiasi perusahaan-perusahaan yang tidak hanya mengejar profit namun juga peduli terhadap masyarakat dan lingkungan melalui tiga penghargaan bergensi yaitu Top CSR of The Year, Top CSV Award dan Top SDGs Award.

Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND. ID menyatakan, di tengah tantangan global yang semakin kompleks, perusahaan dituntut untuk tidak hanya fokus pada pencapaian finansial, tetapi juga berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat dan keberlanjutan lingkungan.

Corporate Social Responsibility (CSR) menjadi landasan penting yang mengingatkan tanggung jawab sosial adalah bagian integral dari strategi bisnis yang sukses. Dan dalam perjalanannya, muncul konsep Creating Shared Value (CSV) yang menekankan bahwa perusahaan dapat meraih keuntungan sekaligus menciptakan dampak positif bagi masyarakat.

“Perusahaan juga dihadapkan pada komitmen untuk mendukung Sustainable Development Goals (SDGs). Agenda global dengan 17 poin tujuan pembangunan berkelanjutan seperti menekan angka kemiskinan, meningkatkan kesehatan, dan menjaga lingkungan,” kata dia di sela-sela acara penyelenggaraan Top CSR of The Year, Top CSV Award dan Top SDGs Award 2024, di Hotel Sultan Jakarta.

Dengan menjalankan program-program tersebut, Susi menambahkan, perusahaan tidak hanya akan meningkatkan reputasi mereka, tetapi juga menciptakan nilai jangka panjang yang bermanfaat bagi semua pemangku kepentingan.

Berangkat dari hal tersebut, lanjut dia, INFOBRAND.ID dan TRAS N CO Indonesia menginisiasi untuk memberikan tiga penghargaan bergengsi kepada perusahaan yang sukses menggelar program sosialnya untuk keberlangsungan masyarakat dan lingkungan sekitar.

Sementara itu, Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia mengungkapkan, dalam menentukan siapa saja perusahaan yang mendapatkan penghargaan, pihaknya telah melakukan serangkaian proses riset dan penilaian.

Untuk pemenang, Top Corporate Social Responsibility Of The Year misalnya, merupakan penghargaan yang diberikan kepada perusahaan yang konsisten menerapkan program CSR yang berdampak signifikan sebagai upaya penyeimbang antara lingkungan, masyarakat dan perusahaan, untuk tujuan memudahkan proses pembangunan ekonomi yang berkelanjutan, pihaknya melakukan riset Top Corporate Social Responsibility Index 2024.

“Riset ini menggunakan metode Desk Research yang mengacu kepada laporan Sustainability Report perusahaan tahun 2023 yang telah terpublikasi dan juga data press release kegiatan CSR yang terpublikasi di berbagai media digital dan website resmi perusahaan. Dengan menggunakan tiga parameter yaitu; CSR Concept, CSR Impact, dan CSR Donation Value,” jelasnya.

Sementara untuk penghargaan TOP Creating Shared Value Award, yang merupakan sebuah penghargaan bergengsi yang diberikan kepada perusahaan atau brand yang telah berhasil menjalankan program Creating Shared Value (CSV), TRAS N CO menentukannya melalui proses penjurian yang ketat.

“Perusahaan peraih penghargaan TOP CSV Award telah melalui tahapan presentasi program dan penilaian penjurian berdasarkan tiga aspek CSV Meters, yaitu: CSV Concept Aspect, CSV Impact Aspect, dan CSV Branding Aspect,” tegasnya.

Sedangkan untuk TOP Sustainable Development Goals Award, yang merupakan penghargaan bergengsi yang dianuegarahkan kepada perusahaan-perusahaan yang telah berhasil menjalankan program social development dalam strategi bisnisnya dan berkontribusi terhadap pencapaian 17 poin tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs), kata Tri lagi, dinilai berdasarkan Sustainability Report yang dipublikasikan dengan mengacu kepada tiga parameter penilaian, yaitu: SDGs Initiative, SDGs Implementation, dan CSR/TJSL Funds.

Selain itu, untuk semakin memperdalam wawasan program-program tersebut, INFOBRAND.ID juga kembali menyelenggarakan The 21th INFOBRAND FORUM, forum bulanan yang telah 21 kali terselenggara.

Event ini adalah agenda Indonesia Brand Community yang menjadi ajang berkumpul dan bertemunya para pengelola brand untuk sharing knowledge, sharing experience dan networking dengan sesama pengelola brand.

The 21th INFOBRAND FORUM mengangkat tema “Aligning CSR Strategies with Business Growth and Community Impact”, disampaikan oleh Ibu. Suryani Sidik Motik, Ph.D., Wakil Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia & Dosen Sekolah Bisnis & Manajemen (SBM) ITB.

Adapun perusahaan yang berhasil menjadi peraih penghargaan Top CSR of The Year adalah: PT Asuransi BRI Life, PT Toyota Astra Financial Services, sementara perushaan peraih Top SDGs Award adalah: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT BRI Multifinance Indonesia, PT Toyota Astra Financial Services, PT Jasa Marga (Persero) TBK, PT Vale Indonesia Tbk, PT Pelabuhan Indonesia (persero) – PELINDO, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, sedangkan untuk paraih Top CSV Award adalah: PT Multi Indocitra Tbk – Pigeon, PT Tangkas Cipta Optimal – TACO, Magister Management Universitas Airlangga (CSV) dan lain sebagainya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here