Tuesday, 17 September 2024
HomeKota BogorPemkot Bogor Galakkan Cinta Pasar Tradisional, ASN dan BUMD Belanja Bergilir di...

Pemkot Bogor Galakkan Cinta Pasar Tradisional, ASN dan BUMD Belanja Bergilir di Pasar Jambu Dua

Bogordaily.net – Upaya menggalakkan cintai pasar tradisional, perangkat daerah Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, serta Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), akan dibuat jadwal secara bergilir untuk belanja bersama-sama di pasar tradisional.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah mengatakan, pedagang eksisting Pasar Jambu Dua yang sebelumnya menempati lahan penampungan sementara, telah masuk ke dalam pasar.

Sehingga dari total 1.140 kios dan los, 50 persen nya sudah terisi oleh para pedagang.

“Dan jangan khawatir, ini tadi saya bicara dengan para pengunjung pasar yang belanja, disini (Pasar Jambu Dua) nyaman. Karena pasarnya juga bersih, penataannya rapi,” kata Syarifah.

Selain bersih dan tertata rapi, Pasar Jambu Dua juga memiliki akses strategis karena berada di tengah kota dan bisa diakses menggunakan transportasi umum Biskita ataupun angkutan lain.

“Akses menuju pasar ini juga bisa diakses dari dua pintu masuk yaitu di Jalan Ahmad Yani dan Jalan Pajajaran,” ujarnya.

Selanjutnya, secara bertahap pedagang Pasar Bogor yang juga sudah memiliki kios dan los di Pasar Jambu Dua akan pindah secara bertahap akan pindah ke Pasar Jambu Dua.

Secara keseluruhan Pembangunan Pasar Jambu Dua sudah sampai 96 persen dengan dibangunnya dua lantai yang kini diisi oleh pedagang sayur mayur, buah, daging, ikan, bumbu-bumbu, warung nasi dan sebagainya.

Sementara itu, untuk 4 persen penyelesaian pembangunan berada di lahan bekas penampungan sementara yang akan dibangun Blok C.

“Blok C ini peruntukannya nanti untuk buah, daging giling, ayam hidup, dan lain-lain. Sekarang sudah mulai penataan, lagi dibikin dulu drainasenya, supaya bagus, tanahnya dipadatkan, diratakan, lalu dibikin kios-kiosnya, rencana penyelesaian itu 1,5 bulan ini selesai,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) Perumda Pakuan Pakuan Jaya (PPJ) Kota Bogor, Jenal Abidin mengatakan, berbelanjanya ASN dan BUMD ke pasar tradisional ini sudah berjalan kurang lebih dua minggu yang lalu.

“Alhamdulillah sudah mendapatkan surat edaran dari Pemkot Bogor untuk seluruh Dinas, BUMD untuk bergiliran berbelanja di pasar rakyat,” kata Jenal Abidin.

Menurut dia, tidak hanya staffnya saja yang belanja melainkan mulai dari kepala dinas, badan dinas, hingga direksi BUMD.

“Kedatangan para ASN, birokrasi kemudian BUMD datang ke pasar belanja jadi putaran ekonomi jalan, pedagang responnya sangat positif sekali,” ungkapnya.*

 

(Ibnu Galansa/Diki Sudrajat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here