Wednesday, 18 September 2024
HomeKota BogorPemkot Bogor Tingkatkan Keamanan Siber Smart City Lewat Tiga Pilar Kunci

Pemkot Bogor Tingkatkan Keamanan Siber Smart City Lewat Tiga Pilar Kunci

Bogordaily.net – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) memperkuat keamanan siber melalui tiga pilar utama.

Sekretaris Diskominfo Kota Bogor, Oki Tri Fasiasta Nurmala Alam mengatakan, Tiga pilar utama tersebut yakni, manusia, proses dan teknologi.

“Peningkatan keamanan siber ini dibentuk melalui inside dan awareness. Jadi tiga-tiganya sifatnya linier tidak bisa tertinggal satu. Secara linier semua ditingkatkan levelnya. Salah satunya penanaman inside untuk seluruh stakeholder sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) dan Smart City di Kota Bogor,” kata Oki, Kamis 12 September 2024

Oki melanjutkan, pada pilar manusia, kompetensi kapasitas terus ditingkatkan dan diperbaharui dalam hal keamanan informasi untuk memperkuat SDM digital sehingga bisa menguasai kode-kode sumber.

Selanjutnya pilar proses, diperkuat melalui sistem informasi yang memiliki proses bisnis elektronik tertentu dalam kode sumber infrastruktur aplikasi.

“Kemudian pilar ketiga itu teknologi. Teknologi ini biasanya menjadi dasar bagaimana sistem itu dikembangkan untuk mengembangkan teknologi,” ujar Oki

Oki menambahkan, teknologi komputasi yang lebih tinggi, maka potensi virusnya akan lebih tinggi.

Oleh karena itu, semakin naik teknik komputasinya, maka serangan
keamanannya akan semakin canggih dan cerdas.

Oki menyebut, dalam upaya menjaga keamanan siber Diskominfo Kota Bogor telah menerapkan regulasi standarisasi aplikasi oleh tim standarisasi melalui proses asesmen yang ketat terhadap aplikasi yang akan dibangun.

“Jadi tiga pilar ini kita tingkatkan bersama,” tutup Oki. (Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here