Friday, 20 September 2024
HomeKabupaten BogorRSUD Cibinong Raih Penghargaan Faskes Berkomitmen Dalam Pelayanan Kesehatan Program JKN Tingkat...

RSUD Cibinong Raih Penghargaan Faskes Berkomitmen Dalam Pelayanan Kesehatan Program JKN Tingkat Nasional

Bogordaily.net – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibinong meraih penghargaan dari Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Kesehatan sebagai fasilitas kesehatan berkomitmen dalam pelayanan kesehatan program JKN tingkat nasional tahun 2024. Penghargaan diterima Direktur RSUD Cibinong, dr Yukie Meistisia A Satoto, di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta, Kamis (19/9).

RSUD Cibinong meraih penghargaan terbaik kedua kategori fasilitas kesehatan Rumah Sakit Kelas B. Selain RSUD Kabupaten Bogor, Klinik Qita Saja di Kabupaten Bogor juga meraih penghargaan sebagai terbaik kedua Faskes tingkat pertama berkomitmen dalam pelayanan kesehatan program JKN tingkat nasional.

Pemberian penghargaan dilaksanakan pada acara Pertemuan Nasional Fasilitas Kesehatan BPJS Kesehatan tahun 2024. Hadir Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti, Wakil Ketua KPK RI, Alexander Marwata, Dewan Pengawas dan jajaran direksi BPJS Kesehatan. Acara diikuti para pimpinan fasilitas kesehatan, para Kepala Dinas Kesehatan, dan Kepala Cabang BPJS Kesehatan se-Indonesia.

Direktur RSUD Cibinong, Yukie Meistisia A. Satoto mengungkapkan, alhamdulillah hari ini kami mendapatkan penghargaan tersebut, ini berkat arahan dari Pj. Bupati Bogor dan kolaborasi antara jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor beserta stakeholder terkait. Berkat kerjasama, kolaborasi, dan sinergi tersebut hal ini bisa terwujud,

“Tentunya ke depan kami akan terus meningkatkan mutu pelayanan kami, agar para pasien khususnya pasien BPJS mendapatkan pelayanan yang mudah, cepat dan setara,” ungkap Yukie.

Yukie menjelaskan, Kabupaten Bogor sudah Universal Health Coverage (UHC), sebagai fasilitas kesehatan rujukan regional, tentunya kami harus selalu menjaga mutu layanan dan akuntabel. Mudah-mudahan ke depan mutu layanan kami bisa terus meningkat.

“Terima kasih kepada Kepala Cabang BPJS Cibinong yang selalu memberikan arahan dan membangun sinergi yang baik untuk meningkatkan mutu layanan kepada masyarakat. Kemudian juga kepada seluruh civitas hospitalia RSUD Cibinong yang selama ini sudah sama-sama berjuang,” jelas Yukie.

Selanjutnya, Kepala BPJS Cabang Cibinong Ichwansyah Gani menuturkan, kami turut bangga atas pencapaian RSUD Cibinong hari ini, ini adalah bentuk kolaborasi yang baik antara BPJS Kesehatan dengan Rumah Sakit. Kolaborasi ini akan terus kami tingkatkan agar kedepan pelayanan kepada peserta JKN lebih baik lagi.

“Harapan kami ke depan dapat terus menjaga kemitraan yang sudah terjalin dengan baik, dan penghargaan ini bisa menjadi pemicu bagi RSUD Cibinong untuk dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi, tidak hanya RSUD Cibinong, namun semua rumah sakit lainnya di wilayah Kabupaten Bogor,” tutur Ichwansyah.

Sementara itu, dalam arahannya, Direktur Utama BPJS Kesehatan Republik Indonesia, Ali Ghufron Mukti, menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah mensukseskan program JKN tahun 2024. Dimana kita ditargetkan meraih UHC, dan alhamdulillah Indonesia sudah mencapai itu dalam kurun waktu 10 tahun, yang merupakan tercepat di dunia.

Kalau kita berkolaborasi dan berkomitmen penuh untuk mewujudkannya ternyata bisa. Ke depan mari kita sukseskan optimalisasi program JKN. Hari ini kita berikan apresiasi kepada fasilitas kesehatan yang senantiasa berkomitmen menjaga mutu pelayanan BPJS yakni mudah, cepat dan setara,” kata Ali Ghufron.

Ia menambahkan Inovasi Mobile JKN Indonesia sudah sangat maju dibandingkan dengan negara lainnya termasuk Amerika serikat, dan sudah mendapatkan pengakuan. Saat ini kita kembangkan command center yang bisa memonitor faskes seluruh Indonesia bukan hanya rumah sakitnya tapi juga dokter-dokternya.

“Terima kasih dan selamat kepada para peraih penghargaan, ke depan masih banyak yang harus kita sempurnakan. Dengan kolaborasi yang dibangun dengan baik, saya yakin semua bisa kita capai,” ujar Direktur Utama BPJS Kesehatan Republik Indonesia, Ali Ghufron Mukti.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here