Wednesday, 18 September 2024
HomeKabupaten BogorRSUD Cibinong Terus Berupaya Dukung Ketersediaan Dokter di Indonesia

RSUD Cibinong Terus Berupaya Dukung Ketersediaan Dokter di Indonesia

Bogordaily.net – Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD Cibinong terus berupaya untuk mendukung serta menghasilkan ketersediaan dokter di Indonesia.

Diketahui, Rumah Sakit Pendidikan Utama merupakan rumah sakit yang mempunyai fungsi sebagai tempat pelayanan kesehatan.

Kemudian pendidikan dan penelitian secara terpadu dalam bidang pendidikan kedokteran atau kedokteran gigi, pendidikan berkelanjutan, dan pendidikan kesehatan lainnya secara multiprofesi.

Direktur Utama RSUD Cibinong, dr. Yukie Meistisia A. Satoto menjelaskan bahwa, saat ini rumah sakit sedang dalam proses verifikasi dari Tim Kerja Verifikasi Lapangan RS Pendidikan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Nantinya RSUD Cibinong akan menjadi  rumah sakit pendidikan utama Fakultas Kedokteran IPB University, Rumah Sakit Pendidikan Satelit untuk Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia (UKI), Universitas Tarumanagara, dan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran.

“Kami punya dokter yang lengkap mulai dari spesialis dan subspesialis kemudian sarana prasarana pendidikan yang lengkap, ini semua atas dukungan Pemerintah Kabupaten Bogor,” kata dr. Yukie.

Menurutnya, RSUD Cibinong bisa menjadi wahana pendidikan yang memberikan kontribusi untuk Indonesia dalam mendukung transformasi kesehatan dalam dunia kampus dan berperan dalam mendukung ketersediaan dokter yang masih dibutuhkan di Indonesia.

“Menyusul sebelumnya kami sudah lulus menjadi institusi penyelenggara pendidikan,” ungkap dr Yukie.

Sebelumnya, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Aspemkesra), Zainal Ashari juga harapkan ke depannya RSUD Cibinong, dapat menjadi pusat pengembangan sumber daya manusia di bidang kesehatan, dan pusat layanan kesehatan yang berkualitas.

Tidak hanya bermanfaat terhadap peserta didik yang melakukan praktek di RSUD Cibinong, tapi juga harus bermanfaat untuk masyarakat Kabupaten Bogor.

Zainal menambahkan, perlu upaya terus menerus dan kerjasama seluruh civitas hospitalia RSUD Cibinong, untuk meningkatkan kualitas layanannya, fasilitas, dan proses pendidikan yang berjalan di RSUD Cibinong.

“Semoga visitasi ini menjadi langkah awal yang baik dalam mewujudkan rumah sakit pendidikan yang unggul dan berdaya saing,” harapnya. (Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here