Wednesday, 23 October 2024
HomeKota BogorRSUD Kota Bogor Gelar Podcast Kesehatan Mengenali Serangan Jantung

RSUD Kota Bogor Gelar Podcast Kesehatan Mengenali Serangan Jantung

Bogordaily.net – Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD Kota Bogor akan menggelar podcast kesehatan (podkes) yang bertema ‘Mengenali serangan jantung dan pertolongan pertama pada pasien henti jantung bagi awam (BHD)’.

Podcast kesehatan atau podkes tentang mengenali serangan jantung ini akan dilaksanakan secara live streaming melalui kanal Youtube RSUD KOTA BOGOR DAILY.

Kamu bisa mengikuti podcast ini pada Jumat 6 September 2024. Mulai pukul 13.30 WIB sampai selesai.

Podcast RSUD Kota Bogor tersebut akan diisi oleh narasumber yang ahli dalam bidang kesehatan yaitu dr. Indera Noor Achmad Sp.JP FIHA (pembicara) dr. Radya Adiwiguna (moderator).

Seperti yang diketahui serangan jantung terjadi ketika aliran darah ke otot jantung terhambat akibat penyumbatan pembuluh darah.

Gejala serangan jantung bisa berbeda-beda pada setiap orang, namun ada beberapa gejala umum yang bisa dikenali, yaitu:

Nyeri dada yang terasa seperti terbakar atau tertekan benda berat. Nyeri dada yang menjalar ke punggung, dada/ulu hati, leher, bahu, dan lengan kiri.

Detak jantung tidak beraturan, sesak napas, tubuh terasa lemas disertai pusing
mual, muntah, dan nyeri pada ulu hati
mengeluarkan keringat dingin.

Pada wanita, gejala serangan jantung bisa bersifat atipikal, misalnya nyeri singkat atau tajam yang terasa di leher, lengan, atau punggung.

Beberapa wanita juga mengeluhkan perasaan tidak enak badan yang tidak diketahui penyebabnya sebelum mengalami serangan jantung. (Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here