Wednesday, 18 September 2024
HomeKota BogorTes Kelainan Janin dengan Teknologi Terbaru di RS Azra

Tes Kelainan Janin dengan Teknologi Terbaru di RS Azra

Bogordaily.net – Kehamilan merupakan momen yang ditunggu oleh sepasang suami istri dalam menanti kehadirannya buah hati selama kurun waktu 9 bulan.

Dalam masa ini tentunya melewati tahapan perkembangan janin dari trimester pertama sampai ketiga.

Selama masa kehamilan, kondisi janin akan mengalami banyak fase perubahan dari mulai pembentukan otak, sumsum tulang belakang, kepala, mata, hidung, mulut, jari tangan dan kaki, alat kelamin dan seterusnya.

Untuk mempunyai janin yang sehat, selain mengatur pola hidup sehat bagi ibu, diperlukan pemeriksaan prenatal untuk mendeteksi kemungkinan adanya kelainan pada janin.

Rumah Sakit AZRA kini telah mempunyai layanan pemeriksaan prenatal yaitu Non Invasive Prenatal Test atau NIPT merupakan tes skrining yang dilakukan selama kehamilan untuk mendeteksi kemungkinan adanya kelainan kromosom pada janin.

Non Invasive Prenatal Testing (NIPT) perlu dilakukan untuk memastikan kondisi janin yang nantinya akan lahir. NIPT screening dapat membantu ibu hamil mendeteksi kelainan bawaan pada janin yang dibawa dari genetik.

“Ibu Hamil yang memerlukan pemeriksaan NIPT ini yaitu ibu hamil yang mempunyai resiko tinggi untuk kelainan kromosom, usia di atas 35 tahun, punya pengalaman riwayat hamil dengan kelainan kromosom, memiliki hasil USG yang abnormal” ujar dr. Inayatullah Rifai, SpOG selaku dokter kebidanan dan kandungan Rumah Sakit AZRA beberapa waktu lalu dalam memberikan edukasi untuk ibu hamil khususnya.

Adapun tes ini menggunakan sampel darah ibu hamil. Bagi ibu hamil yang mempunyai riwayat hamil dengan kelainan kromosom, jangan ragu lagi untuk melakukan pemeriksaan Non Invasive Prenatal Test (NIPT) di Rumah Sakit AZRA. ***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here