Thursday, 24 October 2024
HomeKabupaten Bogor253 Murid SMP Bina Insani Ikuti Latihan Dasar Kepemimpinan di Gadog

253 Murid SMP Bina Insani Ikuti Latihan Dasar Kepemimpinan di Gadog

Bogordaily.net – SMP Bina Insani Bogor menggelar kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) di Semak Daun Camping Ground Gadog, Bogor, 23-24 Oktober 2024. Acara ini diikuti oleh 253 yang terdiri dari kelas 7,8, dan 9 serta didampingi oleh 32 guru.

LDK yang mengusung tema “Great Leaders, Great Influencers” dibuka oleh Dedi Supriadi M.Pd selaku Head of Kesiswaan Bosowa School, Rabu 23 Oktober 2024.

Acara pembukaan tersebut juga dihadiri oleh Sudirman SP sebagai Head of Quality Insurance, dan Isyak Suratman M.Pd sebagai Head of Monitoring and Evaluasi (Monev) Bosowa School.

“Kegiatan LDK ini diharapkan dapat meningkatkan soft skill seluruh peserta didik yang akan berguna di masa depan karena kegiatan ini tidak ada dalam nilai rapor atau pendidikan formal,” kata Kepala Sekolah SMP Bina Insani Haposan Andy Citra MPd saat memberikan sambutan acara pembukaan LDK, Rabu 23 Oktober 2024.

Ketua Panitia LDK Dita Anindia mengatakan, “Acara LDK ini bertujuan mengembangkan keterampilan kepemimpinan, meningkatkan rasa percaya diri, mendorong kerja sama, menumbuhkan kemampuan problem solving, serta meningkatkan kemampuan berkomunikasi guna mempersiapkan masa depan,”

Ia menjelaskan, setelah acara pembukaan siswa mendapatkan materi mengenai baris-berbaris dilanjutkan keterampilan memasak.

Selanjutnya, dinamika kelompok FGD dengan tema “Demokrasi” diselingi dengan fun games. Disambung acara api ungun dan pentas seni.

“Kegiatan hari kedua, Kamis (24/10/2024) diawali dengan qiyamullail, shalat Shubuh berjamaah dan muroja’ah juz 30. Setelah sarapan peserta melakukan kegiatan out bond disusul acara pelantikan dan penutupan,” ujar Dita.

Dita menambahkan, sebelum kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan yang diikuti oleh seluruh siswa, SMP Bina Insani menggelar kegiatan khusus untuk pengurus OSIS dan MPK (Majelis Perwakilan Kelas).

“Mereka diberikan keterampilan mengenai leadership, organisasi, OSIS dan MPK, pembuatan proposal, komunikasi efektif dan kesekretariatan,” ungkapnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here