Thursday, 10 October 2024
HomeNasional5 Mitos Seputar Kehamilan yang Sering Didengar, Ini Penjelasan Dokter!

5 Mitos Seputar Kehamilan yang Sering Didengar, Ini Penjelasan Dokter!

Bogordaily.net – Bagi banyak ibu hamil, mendengar berbagai mitos seputar kehamilan adalah hal yang tidak asing lagi. Mulai dari larangan mengonsumsi jenis makanan tertentu hingga mitos yang sering kali terdengar tidak masuk akal.

Namun, apakah semua mitos tersebut benar adanya? Untuk menjawab kebingungan ini, dr. Rizkha Adistyatama, Sp.OG, dari RS Azra Bogor memberikan penjelasan mengenai mitos-mitos kehamilan dan bagaimana cara menyikapinya.

Salah satu mitos yang sering didengar adalah larangan mengonsumsi buah-buahan seperti nanas, pisang ambon, dan durian, yang dipercaya dapat menyebabkan keguguran.

Selain itu, ada juga mitos bahwa makan kacang selama hamil akan membuat anak menjadi alergi, atau makan jeruk dapat menyebabkan bayi lahir dengan kondisi kuning.

Namun, dr. Rizkha menjelaskan bahwa mitos-mitos tersebut tidak sepenuhnya benar.

“Jika bunda ingin makan makanan tersebut, boleh saja asalkan dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan. Makan nanas, durian, atau buah lainnya, selama dalam kondisi bersih dan sehat, tidak masalah. Yang terpenting adalah menjaga kebersihan, seperti mencuci tangan terlebih dahulu sebelum makan,” ujar dr. Rizkha dalam unggahannya melalui akun resmi Instagram @rsazra, Kamis 10 Oktober 2024.

Ia juga menekankan pentingnya menjaga pola pikir yang positif selama kehamilan.

“Prinsip utamanya adalah bunda yang bahagia dan tidak overthinking selama kehamilan. Jika bunda bahagia, maka kehamilan juga akan berjalan dengan sehat dan bahagia,” tambahnya.

Dr. Rizkha mengingatkan bahwa, setiap makanan yang dikonsumsi ibu hamil harus tetap dalam takaran yang wajar dan memperhatikan kebersihan.

Tidak perlu khawatir berlebihan selama ibu menjaga pola hidup sehat dan tetap berkomunikasi dengan dokter untuk memantau kondisi kehamilan.

Dengan penjelasan ini, para ibu hamil diharapkan dapat lebih tenang dan tidak mudah percaya pada mitos-mitos yang belum tentu benar.

Ingat, selalu konsultasikan kondisi kehamilan Anda dengan dokter agar mendapatkan informasi yang akurat.(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here