Tuesday, 8 October 2024
HomeNasionalBedah Buku Serial, MenKopUKM Ungkap Strategi Pengembangan Koperasi dan UMKM

Bedah Buku Serial, MenKopUKM Ungkap Strategi Pengembangan Koperasi dan UMKM

Bogordaily.net – Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki mendorong upaya transformasi dan inovasi pengembangan koperasi dan UMKM agar terus dilakukan sebagai upaya nyata dalam meningkatkan kontribusi sektor ini terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

MenKopUKM Teten Masduki meminta agar praktik baik yang telah dilakukan KemenKopUKM dan yang telah didokumentasikan di dalam Buku Serial Pengarusutamaan Strategi Pengembangan Koperasi dan UKM dapat dilanjutkan.

Menurutnya UMKM selama ini menjadi tulang punggung perekonomian nasional, namun keberadaannya sering dikesampingkan.

“UMKM kita betul-betul menjadi backbone ekonomi, dari angka statistik dan kontribusi terhadap PDB hingga ke penyediaan lapangan kerja itu berasal dari UMKM, tapi getirnya UMKM hanya dipuji dari sisi resiliensinya saja, setelah itu dilupakan,” kata Menteri Teten dalam bedah buku serial Pengarusutamaan Strategi Pengembangan Koperasi dan UKM di Tangerang, Selasa (08/10).

Buku Serial Pengarusutamaan Strategi Pengembangan Koperasi dan UKM ini terdiri dari tujuh judul. Mulai dari ringkasan, rumah produksi bersama dan minyak makan merah, korporatisasi petani dan koperasi multi pihak, transformasi pembiayaan UMKM, Solusi nelayan, entrepreneur hub dan digitalisasi, hingga reformasi BLU.

Menteri Teten berharap strategi pengembangan koperasi dan UMKM yang tertulis di dalam buku serial tersebut dapat menjadi acuan bersama baik oleh pemerintah pusat atau pemerintah daerah dalam strategi pengembangan koperasi dan UKM.

“Buku ini menggambarkan upaya kita dalam memperkuat ekonomi melalui koperasi dan UMKM. Kita harapkan ini menjadi referensi strategis bagi semua pihak untuk dilanjutkan dalam pengembangan koperasi dan UMKM,” kata Menteri Teten.

Di akhir masa jabatannya, Menteri Teten berharap agar keberadaan KUMKM tidak hanya sekadar menjadi bumper bagi perekonomian namun benar-benar menjadi bagian konkret dari perbaikan struktur perekonomian nasional. Oleh karena itu adopsi teknologi, modernisasi bisnis proses dan kemudahan akses pembiayaan menjadi bagian penting dalam pengembangan koperasi dan UMKM.

“Jadi mari bersama-sama mendorong koperasi sebagai entitas bisnis untuk mengagregasi UMKM agar mereka tidak lagi berusaha sendiri-sendiri,” kata Menteri Teten.

Secara umum, Menteri Teten menyimpulkan empat upaya strategis yang perlu dilakukan oleh masing-masing pemangku kepentingan dalam pengembangan koperasi dan UMKM yaitu dengan memperkuat pendampingan dan perlindungan, agar mereka memiliki kapasitas dan daya saing yang lebih kuat dalam menghadapi dinamika pasar.

Kemudian memastikan akses pembiayaan, teknologi, dan pasar yang lebih luas, sehingga koperasi dan UMKM dapat berkembang dengan lebih baik dan memperluas jaringan bisnisnya. Selanjutnya membangun kolaborasi lintas sektor dengan melibatkan dinas, lembaga pemerintah, dunia usaha, dan institusi pendidikan untuk menciptakan ekosistem UMKM yang solid dan sinergis.

“Terakhir yang tak kalah pentingnya adalah mendorong peningkatan produktivitas dan daya saing koperasi dan UMKM melalui peningkatan kualitas produk, adopsi teknologi digital, dan efisiensi rantai pasok,” kata Menteri Teten.

Di tempat yang sama Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM (SesKemenKopUKM) Arif Rahman Hakim menambahkan dalam acara bedah buku serial ini diulas berbagai isu-isu strategis yang telah dilakukan KemenKopUKM selama lima tahun terakhir. Menurutnya transformasi ekosistem pengembangan koperasi dan UMKM yang telah dilakukan tersebut tidak lepas dari sinergi dan kolaborasi dari berbagai pihak.

“Kami sampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh dinas, para pengambil kebijakan, dan pemangku kepentingan lainnya yang selama ini berkomitmen untuk mendukung pemberdayaan koperasi dan UMKM serta kewirausahaan,” kata SesKemenKopUKM Arif Rahman Hakim.

Arif mengajak agar kolaborasi dan sinergi ini dapat terus terjalin dengan baik di era kepemimpinan presiden yang baru nanti. Dia juga berharap buku serial yang telah disusun tersebut dapat menjadi referensi bagi inovasi pengembangan ekosistem KUMKM.

“Dengan adanya buku ini kami berharap ada pegangan dalam mengomunikasikan apa yang sudah kita kerjakan dan apa yang akan kita kerjakan untuk pemerintahan ke depan,” kata Arif Rahman Hakim.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here