Saturday, 26 October 2024
HomeKabupaten BogorDinas Koperasi UMKM Kabupaten Bogor Sambangi Koprabuh

Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Bogor Sambangi Koprabuh

Bogordaily.net — Pejabat Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Bogor menyambangi pengurus Koperasi Produsen Anugerah Bumi Hijau (Koprabuh) Kabupaten Bogor, di Caringin, Jumat, 25 Oktober 2024.

Kunjungan pejabat Diskop UMKM Kabupaten Bogor ini dimaksudkan untuk bersilaturahim sekaligus melakukan verifikasi keberadaan pengurus, legalitas, keanggotaan, hingga sektor kegiatan yang digarap oleh Koprabuh.

“Kedatangan kami untuk bersilaturahim sekaligus melakukan pendataan dan verifikasi Koprabuh. Kegiatan seperti ini dilakukan pula bagi koperasi-koperasi lain se-Kabupaten Bogor,” ujar Pejabat Bidang Pembinaan Koperasi Diskop UMKM Kabupaten Bogor, Juanda, didampingi Zulkarnain.

Dalam kesempatan tersebut, Juanda berharap Koprabuh dapat terus melakukan pembinaan terhadap para petani sebagai anggotanya dan mengembangkan jenis usahanya hingga dapat melakukan diversifikasi produk.

Sementara itu, Ketua Koprabuh, Saprudin, mengatakan bahwa pihaknya sangat bersyukur atas kunjungan Diskop UMKM Kabupaten Bogor sebagai bentuk perhatian dari Pemkab Bogor terhadap petani anggota Koprabuh.

Ia menjelaskan bahwa kepengurusan Koprabuh sudah mendapatkan Surat Keputusan (SK) dan legalitas dari Koprabuh pusat yang berkedudukan di Jakarta.

“Jika Koprabuh di daerah lain mengembangkan kelapa sawit untuk memproduksi minyak makan merah atau jamu keratom, maka kami di Kabupaten Bogor saat ini kami lebih kepada mengembangkan pertanian jenis kacang koro, kacang kedelai, dan padi jenis trisaksi,” jelasnya.

Saprudin mengungkapkan bahwa Koprabuh hadir bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani di tengah tantangan minimnya ketersediaan lahan maupun pupuk dan permodalan.

“Saat ini kami merekrut anggota secara selektif. Kami berikan kepada mereka bibit kacang koro, kacang kedelai, dan padi trisakti dengan cara pembelian bibit murah tanpa ada bunga dan pembayaran secara dicicil sesuai dengan kemampuan anggota. Belum lama ini kami juga telah menciptakan demplot kacang kedelai organik seluas 1 hektar yang berlokasi di Jalan Lebak Wangi, Kampung Cikalang RT 4/6, Desa Caringin, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor,” paparnya.

Sekretaris Koprabuh, Yusuf Bachtiar, menambahkan, selain melakukan pembinaan terhadap anggota dan memberikan bantuan pengadaan bibit Koprabuh juga bekerjasama dan bersinergi dengan berbagai pihak serta investor di antaranya Himpunan Petani Peternak Milenial Indonesia (HPPMI).

“HPPMI membantu petani Koprabuh jika petani anggotanya mendapat kesulitan atau permasalahan lahan pertanian atau bentuk pendampingan hukum. Kami prihatin dengan kondisi petani saat ini di mana mereka sulit sejahtera karena lahan yang mereka miliki tidak luas, kesulitan mendapatkan pupuk, bibit, dan lainnya. Maka ke depan kami siap bersinergi dengan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bogor,” imbuhnya.
(Acep Mulyana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here