Wednesday, 23 October 2024
HomeKota BogorRSUD Kota Bogor Gelar Podcast Kesehatan Glaucoma Pengintai Penglihatan

RSUD Kota Bogor Gelar Podcast Kesehatan Glaucoma Pengintai Penglihatan

Bogordaily.net – Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD Kota Bogor akan menggelar podcast kesehatan yang bertema ‘Glaucoma, Pengintai Penglihatan’.

Podcast kesehatan tentang mengenal buta warna ini akan dilaksanakan secara live streaming melalui kanal Youtube RSUD KOTA BOGOR DAILY.

Kamu bisa mengikuti podcast kesehatan yang membahas glaucoma ini pada Senin 14 Oktober 2024. Mulai pukul 13.00 WIB sampai selesai.

Podcast RSUD Kota Bogor tersebut akan diisi oleh narasumber yang ahli dalam bidang kesehatan yaitu dr. Rudy Soedjono Dorestia Sp. M, Mkes (pembicara) dr. Agami Zulaiho (moderator).

Seperti yang diketahui Glaucoma adalah kondisi mata yang merusak saraf optik dan dapat menyebabkan kebutaan, sehingga disebut sebagai “Si Pengintai Penglihatan”.

Glaucoma dapat terjadi pada usia berapa pun, tetapi lebih sering terjadi pada orang dewasa yang lebih tua.

Glaukoma dapat disebabkan oleh tekanan bola mata yang tinggi, tetapi tidak semua penderita glaukoma memiliki tekanan bola mata yang tinggi.

Glaucoma dapat menyebabkan kerusakan penglihatan secara perlahan, sehingga penderita tidak menyadari kerusakannya hingga mencapai stadium lanjut.

Glaucoma dapat ditandai dengan sakit mata, mata merah, penglihatan kabur, serta mual dan muntah. Glaucoma perlu segera ditangani untuk mencegah kebutaan.

Untuk mendeteksi glaucoma, dilakukan pemeriksaan lapang pandang menggunakan teknologi komputerisasi bernama Humphrey Automated Perimetry.

Glaucoma yang tidak diobati membutuhkan waktu sekitar 10-15 tahun untuk berkembang dari kerusakan awal menjadi kebutaan total. (Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here