Monday, 7 October 2024
HomeKabupaten BogorSolusi Bangun Indonesia Pabrik Narogong Gandeng Koperasi untuk Giatkan Inisiatif Dekarbonisasi dan...

Solusi Bangun Indonesia Pabrik Narogong Gandeng Koperasi untuk Giatkan Inisiatif Dekarbonisasi dan Pemberdayaan Masyarakat

Bogordaily.net – PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) Pabrik Narogong, yang merupakan anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk – SIG, kembali bekerja sama dengan Koperasi Konsumen Swadaya Pribumi Klapanunggal (KKSPK) dalam kegiatan penanaman pohon dan pelepasan EcoEnzyme di Rawa Jejed, Klapanunggal, yang dikemas dalam program Sedekah Seribu Pohon Untuk Anak Cucu (Serbu Pacu), 4 Oktober 2024.

Kegiatan yang merupakan bagian dari program inovasi sosial SBI Pabrik Narogong yang bernama “PAKU BUMI as Empowerment Hub” (Penguatan Lembaga Keuangan Pro BUMI sebagai Poros Pemberdayaan) ini, turut dihadiri oleh para pemangku kepentingan seperti MUSPIKA Klapanunggal, Kepala Desa Kembang Kuning, perwakilan tim DESTANA dari 5 desa, perwakilan bank sampah, satgas lingkungan hidup, serta tokoh masyarakat dan pemuda setempat.

General Manager SBI Pabrik Narogong, Muhamad Istifaul Amin mengatakan bahwa kegiatan penanaman pohon ini merupakan salah satu bentuk perwujudan komitmen SBI untuk berkontribusi dalam pencapaian target-target Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) 2030.

General Manager SBI Pabrik Narogong, Istifaul Amin (kiri), bersama dengan para pemangku kepentingan melepaskan cairan eco enzyme untuk menjaga kualitas air di Rawa Jejed, Klapanunggal.(Istimewa/Bogordaily.net)

“Kami menyadari bahwa kolaborasi adalah aspek penting dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Karena itu, kami sangat mengapresiasi sambutan baik dan dukungan instansi pemerintah dan lembaga kemasyarakat dalam program penanaman pohon ini, demi menciptakan kondisi hidup yang baik dan sehat sekaligus memperkuat fondasi menuju masyarakat yang berkelanjutan”, tutur Muhamad Istifaul Amin.

Dalam kesempatan baik ini, Solusi Bangun Indonesia Pabrik Narogong dan KKSPK mengajak para pemangku kepentingan yang hadir untuk menandatangani pakta integritas gerakan Serbu Pacu, serta membagikan 1.000 bibit pohon kepada perwakilan DESTANA dan bank sampah binaan, yang mewakili semangat tanggung jawab bersama dalam mengelola lingkungan di wilayah Kecamatan Klapanunggal.

Sejak tahun 2020, SBI telah berkolaborasi dengan KKSPK untuk melakukan penanaman pohon berbasis masyarakat yang telah mencapai 47.900 pohon dengan potensi serapan CO2 sebesar 8,6 juta ton CO2.

General Affairs & Community Relations SBI Pabrik Narogong, Nur Lailiyah, mengatakan untuk mencapai tujuan keberlanjutan, kepedulian terhadap lingkungan harus terus didorong dengan dukungan yang lebih luas agar dapat menciptakan dampak yang lebih signifikan dalam menjaga kelestarian alam.

“Kegiatan ini bukan hanya tentang menjaga alam, tetapi bagaimana kita semua berupaya untuk menciptakan bumi yang lebih baik kedepannya. Melalui PAKU BUMI, kami ingin membantu metamorfosis KKSPK dari lembaga simpan pinjam, menjadi koperasi serba usaha yang berkomitmen dan peduli terhadap kondisi sosial, ekonomi, budaya dan lingkungan. Dengan demikian, keterlibatan serta peran dari seluruh anggota koperasi dan para pemangku kepentingan akan semakin memperkuat ikhtiar kita untuk mewujudkan lingkungan yang lebih lestari demi masa depan yang kita mau”, ujar Laily.

Berkat kolaborasi yang terjalin bersama SBI Pabrik Narogong dalam mengelola dan menjaga keberlanjutan lingkungan di wilayah Kecamatan Klapanunggal, KKSPK mendapatkan penghargaan dari Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Bogor untuk program gerakan Serbu Pacu dan Kelompok Usaha Mikro Peduli Bumi (aKU BUMI) serta apresiasi dari Kecamatan Klapanunggal sebagai “Koperasi Inovatif Berwawasan Lingkungan”.

Para pemangku kepentingan menandatangani pakta integritas gerakan Serbu Pacu sebagai bentuk tanggung jawab bersama dalam mengelola lingkungan di wilayah Kecamatan Klapanunggal.(Istimewa/Bogordaily.net)

“Keberhasilan KKSPK menjadi bukti bahwa tanggung jawab dan kerja keras dapat menghasilkan dampak yang besar bagi ekosistem di Kecamatan Klapanunggal. Semoga inisiatif yang luar biasa ini menjadi dorongan bagi kita semua untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga lingkungan sekitar”, tutur Sekretaris Camat Klapanunggal, Iwan Setiawan S.Sos, M.Si.

KKSPK merupakan salah satu kelompok masyarakat binaan yang dibentuk oleh Solusi Bangun Indonesia Pabrik Narogong pada tahun 2006 untuk membuka akses pembiayaan bagi usaha kecil dan menengah (UMKM) di sekitar area operasional.

Sejak tahun 2018, KKSPK telah dipercaya oleh SBI Pabrik Narogong dan menjadi mitra dalam pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat. Hingga saat ini, penerima manfaat dari layanan KKSPK sudah mencapai lebih dari 8.500 orang.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here