Friday, 18 October 2024
HomeKota BogorUIKA Bogor Sukses Gelar Stadium General Manfaatkan Kecerdasan Buatan AI kepada Mahasiswa

UIKA Bogor Sukses Gelar Stadium General Manfaatkan Kecerdasan Buatan AI kepada Mahasiswa

Bogordaily.net – Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor sukses menggelar stadium general dengan tema memanfaatkan kecerdasan buatan Ai dalam proses pembelajaran para Mahasiswa di Auditorium Prof. Abdullah Sidiq S.H. pada Kamis 17 Oktober 2024.

Mewakili Rektor UIKA Bogor Dr Hambari, M.A.,menyampaikan ucapan terimakasih kepada panitia yang telah bekerja keras dalam menyelenggarakan acara ini.

Ia menilai kehadiran Prof Araya ini merupakan momen penting untuk dapat mengambil seluas-luasnya ilmu pengetahuan darinya sebagaimana pembahasan kali ini pentingnya pemanfaatan Kecerdasan Buatan (AI). Tentunya dalam mendukung proses pembelajaran dan berharap semoga program ini bermanfaat bagi semua.

“Kami menekankan bahwa AI, sebagai alat, perlu dikelola dengan baik oleh manusia untuk memaksimalkan manfaat dan meminimalisir dampak negatifnya,” kata Dr Hambari.

Kemudian, Ia mengajak seluruh peserta untuk memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin, baik dalam bertanya maupun berdiskusi dengan Profesor Arraya.

Selanjutnya, Profesor Roberto Araya sebagai pemateri utama pada kegiatan visiting professor tersebut menjelaskan, tentang dua aplikasi AI yang telah dikembangkan, serta dampak dan potensi peluang yang ditawarkan dalam bidang pendidikan.

“Saya menekankan pentingnya pemikiran komputerisasi dan kolaborasi lintas disiplin untuk memanfaatkan AI secara optimal,” ujar Profesor Roberto Araya.

Selain itu Profesor Araya juga mengingatkan akan tantangan yang dihadapi, termasuk risiko pengangguran akibat otomatisasi dan teknologi AI.

Namun, dengan pemanfaatan yang bijaksana, AI dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas di berbagai bidang, termasuk pendidikan, hukum, dan kesehatan.

Dalam mengakhiri paparannya, ia menjelaskan bahwa tantangan dan peluang yang ada membutuhkan pemikiran baru dari para pendidik.

“Peningkatan kecerdasan emosional dalam AI, yang memungkinkan mesin untuk lebih memahami dan berinteraksi dengan manusia, menjadi salah satu fokus penting dalam pengembangan teknologi masa depan,” jelasnya.

Sementara itu, dalam kgiatan tersebut dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan, Wakil Rektor, Wakil Direktur Program Pascasarjana, dosen. Dan ikuti oleh 280 Peserta dari kalangan mahasiswa di berbagai fakultas.

Acara diakhiri dengan pemberian piagam penghargaan dan foto Bersama antara narasumber, para pimpinan dan peserta stadium general.(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here