Saturday, 5 October 2024
HomeKabupaten BogorYayasan Bhakti Bela Negara Gelar Festival Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang, dan...

Yayasan Bhakti Bela Negara Gelar Festival Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman Berbasis Sumber Daya Lokal 2024

Bogordaily.net – Yayasan Bhakti Bela Negara menggelar festival cipta menu beragam, bergizi seimbang, dan aman berbasis sumber daya lokal di Cafe Bela Negara, Desa Cijayanti, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, pada Sabtu 5 Oktober 2024.

Dengan mengusung tema “Menu Lokal, Generasi Sehat: Dukung Ketahanan Pangan Nasional, diikuti oleh masyarakat umum, profesional kuliner, dan mahasiswa, dengan fokus menciptakan menu yang sehat, bergizi seimbang, dan berbahan dasar lokal.

Adapun, kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya komitmen terhadap ketahanan pangan nasional dan pemajuan kesehatan masyarakat.

Selain itu, bertujuan untuk mendorong, kreativitas masyarakat dalam menciptakan menu yang beragam, sehat, serta berbasis sumber daya pangan lokal Indonesia.

Ketua Yayasan Bhakti Bela Negara Suparwo mengatakan bahwa, festival ini selaras dengan misi Bela Negara untuk menjaga ketahanan bangsa, termasuk di bidang pangan.

“Pangan lokal yang melimpah adalah aset penting dalam mewujudkan ketahanan pangan yang kuat dan berkelanjutan. Kami berharap acara ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mengonsumsi makanan yang beragam, bergizi seimbang, serta aman,” kata Suparwo kepada wartawan usai kegiatan, Sabtu 5 Oktober 2024.

Menurutnya, dengan adanya dukungan dari berbagai pihak, termasuk instansi pemerintah seperti Kementerian Pertanian, Kementerian Kesehatan, serta organisasi akademik dan komunitas lokal, festival ini diharapkan menjadi langkah konkret dalam memperkuat kedaulatan pangan nasional.

Yayasan Bhakti Bela Negara berkomitmen untuk terus mendukung berbagai inisiatif yang berkaitan dengan penguatan ketahanan nasional, khususnya di bidang pangan, sebagai bagian dari pengabdian terhadap negeri dan upaya menciptakan masyarakat yang mandiri dan sehat.

Diketahui, Yayasan Bhakti Bela Negara adalah organisasi yang berkomitmen pada pengembangan dan pembinaan semangat Bela Negara di kalangan masyarakat Indonesia.

Melalui berbagai program sosial, pendidikan, dan ketahanan pangan, yayasan ini terus berperan aktif dalam mewujudkan bangsa yang kuat, mandiri, dan berdaya saing tinggi di berbagai sektor.

“Dengan festival ini, Yayasan Bhakti Bela Negara berharap dapat terus menginspirasi masyarakat untuk memanfaatkan sumber daya lokal demi ketahanan pangan dan kesehatan yang lebih baik bagi generasi mendatang,” jelasnya.

Lebih lanjut, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Dr. Muhammad Mufti Mubarok, S.H, S.Sos., M.Si.CROP Ketua BPKN RI yang telah tergabung dalam acara ini, Ferdinand Presiden Anak Bangsa,  Universitas “Veteran” Jakarta, HIMPUNI, IKA UPN VJ.

Kemudian support para juri yang telah memberikan penilaian yaitu Shintya Fika Harvi, S.Gz, Chanagung Ajied B.C, S.GZ, dari UPN Veteran Jakarta, chef Oktivany Ayu Salsabila, RND Chef Entrepreneur, dan Ade Nurjaman dari Kelurahan setempat.

“Bersama, kita wujudkan Indonesia yang lebih sehat dan kuat melalui pangan yang beragam, bergizi, seimbang, dan aman,” ungkap Suparwo.(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here