Tuesday, 30 April 2024
HomeBeritaUten Tak Menyangka, Menemukan Fosil Ikan Paus Purbakala

Uten Tak Menyangka, Menemukan Fosil Ikan Paus Purbakala

Bogordaily.net Warga , Kabupaten , Jawa Barat, dihebohkan temuan tulang-belulang berukuran besar, yang diduga adalah , Senin 15 Februari 2021.

Penemuan fosil tulang tulang ikan paus purbakala itu ditemukan di sebuah lahan proyek tempat pembuatan waterboom.

Peneliti mueseum Geologi Bandung, Oman Abdurahman menyampaikan saat ada kabar penemuan, ia langsung datang ke lokasi dan mengecek temuan tulang tersebut.

Hasilnya dipastikan fosil tulang tersebut memang rangka ikan paus purbakala.

Ukuran tulang rata-rata memiliki panjang 20 cm yang diduga potongan dari rahang ikan yang dikenal ganas itu.Diperkirakan tulang sudah terkubur jutaan tahun yang lalu.

“Ada sebagain tulang yang sudah menjadi batu dan sebagian masih jelas bentuknya, dengan sudah dibekali pengetahuan kami menyimpulkan itu tulang rahang dari ikan paus purbakala,” ujar peneliti mueseum Geologi Bandung, Oman.

Sementara itu, Operator beko, Uten mengatakan awalnya ia menemukan benda mirip batu yang besar dan berwarna putih, yang saat ini sudah di temukan 9 potong batu.

Uten tak menyangka bahwa batu itu adalah tulang rahang paus purbakala, sebelum datang pneliti yang memastikan.

“Beberapa hari saya bekerja di lahan proyek waterboom, sudah menemukan tulang yang di duga tulang fosil, tapi saya tidak tau itu tulang apa, ” ujar Uten

Saat ini ada beberapa tulang yang sudah menjadi batu, kata dia, tim peneliti sudah membawa potongan tulang fosil untuk di teliti lebih lanjut.

Berdasarkan cacatan ilmiah tim Geologi Bandung bahwa di wilayah khususnya Ciracap, Kabupaten , Jawa Barat, sudah tiga kali di temukan tulang paus purbakala yang serupa.

Awalnya yang pertama dari tahun 2005 yang catatannya sudah di bukukan, lalu tahun 2007 kembali di temukan dengan di teliti oleh pimpinan musium Geologi, dan saat ini di tahun 2021 kembali di temukan tulang fosil.

Tim peneliti Geologi meyakini di wilayah dulu nya adalah habitat dari paus purbakala. Sejauh ini, tim peneliti sedang mendalami beberapa penemuan gigi ikan hiu besar Megalodon di beberapa titik tempat di wilayah .***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here