Tuesday, 30 April 2024
HomeBeritaSelamat Ulang Tahun Yonif Para Raider 328/ Dirgahayu yang ke 63

Selamat Ulang Tahun Yonif Para Raider 328/ Dirgahayu yang ke 63

Bogordaily.net – Batalyon Infanteri Para / atau Para / adalah batalyon infanteri lintas udara, yang berada dibawah kendali Brigif Linud 17/Kujang I, Divisi Infanteri 1/Kostrad.

Linud ini berdiri pada tanggal 16 Mei 1958, dengan personel dari eks kompi Syiwa I dan II.

Dengan moto dan Tipe unit Infanteri Raider Lintas Udara (), berperan sebagai Pasukan Pemukul Reaksi Cepat TNI dan bermarkas di Cilodong Depok.

Diketahui Mayor Inf Vicky Heru Harsanto sebagai Danyonif Para Kostrad, yang merupakan Komandan Yonif ke 30.

Satuan yonif memiliki Pusaka berupa Pisau Kujang, yang kemudian akan diserahkan secara turun temurun setiap kali pergantian kepemimpinan Komandan Batalyon.

Tradisi penyerahan Pisau Kujang ini melambangkan bahwa Yonif, merupakan satuan yang berawal dari pasukan Siliwangi yang pantang menyerah.

Adapun tradisi lain yaitu penyerahan bendera perang Batalyon, yang juga diserahkan turun temurun dari Pejabat Komandan Batalyon lama kepada pejabat Komandan Batalyon baru.

Bendera perang ini selalu dibawa saat pasukan bertugas dan setelah selesai penugasan, dan diberikan tanda dengan cincin perak yang bertuliskan operasi yang dilaksanakan.

Dengan adanya pelaksanaan tradisi ini diharapkan Komandan Batalyon yang baru dan seluruh prajurit, dapat mengingat perjuangan dari pendahulu serta memotivasi untuk menjadi lebih baik.

Selamat Ulang Tahun Yonif 328/. Semoga semakin profesional, mencintai rakyat dan dicintai rakyat serta berhasil mengemban tugas negara.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here