Sunday, 29 September 2024
HomeBeritaWaisak Merupakan Hari Raya Penting Bagi Umat Buddha

Waisak Merupakan Hari Raya Penting Bagi Umat Buddha

Bogordaily.net – Hari Raya Waisak tahun ini jatuh pada Rabu, 26 Mei 2021. Waisak merupakan hari raya yang penting bagi umat Buddha dan biasanya ditetapkan sebagai hari libur nasional di Indonesia.

Di banyak negara, terutama di Sri Lanka, Malaysia, Kamboja, Singapura, dan juga Thailand. Biasanya Waisak juga menjadi hari libur nasional.

Menurut situs web Sangha Theravada Indonesia, tiga peristiwa suci yang terjadi pada Buddha Gautama ini terjadi pada hari yang sama dengan tahun yang berbeda, yaitu hari purnama raya, pada bulan Waisak.

Ada pun tiga peristiwa penting itu yaitu kelahiran, pencerahan sempurna, dan kemangkatan Buddha.

Biasanya di hari Waisak, umat Buddha memasang, dupa, lilin dan bunga juga persembahan penting berupa makanan.

Perayaan Waisak 2021 diperingati di masa pandemi COVID-19. Kementerian Agama menerbitkan panduan ibadah Puja Bhakti dan Dharmasanti hari raya Tri Suci Waisak 2565 untuk memberikan rasa aman dan nyaman untuk semua umat Buddha saat penyelenggaraannya.

“Panduan diterbitkan dalam rangka memberikan rasa aman kepada umat Buddha dalam penyelenggaraan Puja Bhakti/Sembahyang dan Dharmasanti Hari Raya Tri Suci Waisak 2565 Tahun Buddhis/2021,” ujar Menag Yaqut Cholil Qoumas.

Panduan ini tertuang dalam Surat Edaran No SE 11 tahun 2021. Dalam berbagai kegiatan seluruh peserta wajib mengenakan masker, menjaga jarak serta menghindari kerumunan dan juga memberikan salam dengan hanya mengatupkan kedua belah tangan di depan dada.

Pengaturan jumlah peserta dan waktu pun dibuat seefisien mungkin. Untuk rangkaian kegiatan menyambutan Waisak yang melibatkan umat dalam jumlah banyak ditiadakan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here