Tuesday, 30 April 2024
HomeKabupaten BogorSengketa Lahan Sentul City, Kantor Desa Bojong Koneng Kena Imbasnya

Sengketa Lahan Sentul City, Kantor Desa Bojong Koneng Kena Imbasnya

Bogordaily.net – Perebutan sengketa lahan Sentul City masih memanas, bahkan sejumlah merusak gedung Kantor Desa Bojong Koneng di Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Peristiwa itu terjadi pada Sabtu 2 Oktober 2021 sekitar pukul 11.00 WIB. Massa merusak area depan gedung hingga ruangan kantor kepala desa.

Terlihat di Kantor Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, terlihat kaca di bagian depan gedung tersebut bolong imbas . Serpihan kaca pun masih berserakan di lokasi.

Bahkan sejumlah pot bunga di depan gedung pun ikut massa yang marah. Masuk ke dalam area gedung, sisa-sisa kerusakan masih berserakan.

Ruangan kepala desa turut menjadi sasaran amuk . Meja di ruangan tersebut oleh massa. Serpihan kaca-kaca pun masih berada di lokasi.

Linmas di Kantor Desa Bojong Koneng, Syahrir, mengatakan massa yang merusak gedung desa berkisar puluhan orang. Dia tidak memastikan jumlah massa karena bergegas menyelamatkan diri.

“Saya kurang tahu (jumlah massa) orang saya langsung keluar ya. Ngeri kan,” kata Syahrir ditemui detikcom di lokasi, Minggu 3 Oktober 2021.

Syahrir mengaku saat itu tidak ada petugas desa yang bertugas. Kegiatan di gedung hanya diisi ibu-ibu posyandu dan dihadiri langsung oleh istri dari lurah setempat.

“Cuman ada kegiatan ibu-ibu posyandu sama ibu Lurah ada,” ungkap Syahrir.

Menurut Syahrir, tidak ada korban luka dari perusakan yang dilakukan oleh massa. Barang-barang di lokasi pun hingga saat ini disebut tidak ada yang ikut digondol oleh .

“Nggak ada (barang hilang). Cuman aja,” jelas Syahrir.

Dihubungi terpisah, kuasa hukum Rocky Gerung dan Bojong Koneng, Nafirdo Ricky menjelaskan tindakan yang merusak Kantor Desa Bojong Koneng.

Dia menyebut tindakan itu bermula dari mulai adanya upaya penggusuran yang dilakukan pihak Sentul City ke lahan warga.

“Kedatangan warga ke kantor desa itu adalah dipicu karena dari hari Jumat kemarin, dari pihak Sentul dan kemungkinan juga ada kepala desa melakukan pengukuran. Namun udah dicegat sama warga,” kata Nafirdo.

“Namun kemudian pada hari Sabtu sekitar jam 10-11-an itu, bulldozer Sentul gerak lagi. Itu lahannya Pak Sudianto namanya itu diretakan oleh pihak sentul city bersama pasukannya itu. Kita nggak tahu pasukannya itu darimana cuman jumlahnya lebih banyak dari warga,” tambahnya.

Warga yang terdesak kemudian mendatangi kantor Desa Bojong Koneng untuk meminta bantuan. Namun, Nafirdo mengatakan saat didatangi oleh warga pihak lurah justru melarikan diri sehingga menyulut emosi warga yang datang.

“Warga minta bantuan ke kelurahan, namun petugas kelurahan malah lurahnya kabur dari tempat. Itulah yang menyulut emosi dari warga, sehingga sempat terjadi kericuhan di keluruhan Bojong Koneng karena lurahnya kabur nggak menghentikan beko-beko atau bulldozer yang ada,” tutur Nafirdo.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here